FeatureKab Sleman

1,5 Jam Merapi Luncurkan 6 Kali Guguran Lava

0
guguran lava
Ilustrasi luncuran Gunung Merapi (foto : BPPTKG)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Gunung Merapi Pada Minggu (13/1) malam terus menunjukkan keberadaannya.  Minggu malam Gunung Merapi telah 6 kali melakukan guguran lava pijar ke arah hulu kali Gendol.

“Sejak pukul 19.50 hingga 21.21 WIB telah teramati 6 kali guguran lava ke arah hulu Kali Gendol,” tulis akun twitter resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dikutip Starjogja.com, Senin (14/1/2019).

BPPTKG menjelaskan guguran sebanyak 6 kali itu memiliki jarak luncur antara 200-600 m dan durasi 35-86 detik. Sementara tingkat aktivitas Merapi Waspada (Level 2).

Baca Juga : BPPTKG : Jangan Mudah Terpancing Hoax Erupsi Merapi

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang,” tulis BPPTKG.

Sementara saat ini kubah lava masih stabil dengan laju pertumbuhan yang masih rendah kurang dari 20.000 meter kubik per hari. BPPTKG menjelaskan radius aman bagi masyarakat ada tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Berdasarkan pantauan BPPTKG di Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Ngepos pada Senin (14/1) pagi, visual Merapi berkabut dengan cuaca berawan. Suhu udara tercatat 30,2 derajat celsius, kelembaban udara 77 persen RH, tekanan udara 943,6 hPa, angin tenang.

Mau Ke Kuliah di Luar Negeri ? Kunjungi Dulu Pameran Universitas Luar Negeri 2019

Previous article

Kisah Tamu Bulanan Pembawa Petaka di Nepal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature