Flash InfoHealth

Makin Sehat Dengan Diet Tinggi Serat

0
berat badan

STARJOGJA.COM,HEALTH. Menjaga kesehatan, ternyata gampang gampang sulit. Terkadang kita sudah memperhatikan pola makan, melakukan diet dengan pola tertentu, atau bahkan berolahraga, namun ternyata setelah melakukan cek kesehatan, kok ada saja yang masih kurang maksimal hasilnya.

Apakah anda termasuk yang seperti itu? Kalau iya, Mungkin anda perlu cek lagi komposisi konsumsi anda

Riset yang dilakukan oleh Universitas Otago, New Zealand menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan berserat tinggi, memiliki resiko kematian dan menderita penyakit kronis, seperti stroke dan kanker yang lebih rendah jika dibandingkan dengan seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan kadar serat rendah.

Asupan tinggi serat ini meliputi karbohidrat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti misalnya serealia, biji-bijian dan kacang-kacangan.

“Manfaat kesehatan makanan berserat tinggi telah dibuktikan sepanjang lebih dari 100 tahun penelitian, ” kata Andrew Reynolds, peneliti dari Universitas Otago, New Zealand,dikutip dari CNN.com.

Penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat konsumsi makanan berserat, maka semakin berkuranglah jenis penyakit yang dapat diderita, misalnya penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker usus besar, sekaligus juga bermanfaat terhadap penurunan berat badan, kolesterol total dan menurunkan angka kematian. Bukan hanya dari makanan berserat tinggi, namun manfaat tersebut juga bisa didapatkan dari pola konsumsi makanan yang berasal dari biji-biji utuh.

Namun pola diet tersebut bukannya tanpa efek samping. Peneliti memberikan peringatan kepada penderita kekurangan zat besi untuk tetap menjaga kompoosisi serat mereka, karena pola asupan tinggi serat akan semakin mengurangi kadar besi dalam darah.

Komunitas Organik Indonesia Bantu Miliki Sertifikasi Produk

Previous article

Rahasia Tatapan Mona Lisa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info