FeatureNews

PATRA PADI Adakan 50 Adegan Pameran Lukisan Pangeran Diponegoro

0
PATRA PADI
lukisan Dyan Anggraini, Wangi Sang Ratu, (2019) yang melukiskan Pangeran Diponegoro saat ditimang oleh Sultan Hamengkubuwono I ( FOTO : Istimewa )

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – PATRA PADI ( Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro ) akan mengadakan pameran lukisan yang bernama pameran sastra rupa pada tanggal 1 Februari 2019 hingga 24 Februari 2019 di Jogja Gallery. Pameran sastra rupa ini merupakan gambar dari isi babad Diponegoro yang artinya lukisan yang akan memvisualkan isi babad tersebut.

“Pameran ini diadakan dalam rangka mengenang wafatnya Pangeran Diponegoro pada tanggal 8 Januari,” ujar I Roni Sodewu, Ketua dari PATRA PADI. Jum’at 25, Januari 2019.

Pameran ini akan berisikan 51 lukisan dimana dari 51 lukisan akan ada 50 adegan dari Pangeran Diponegoro mulai dari bayi, anak-anak, remaja hingga bagaimana Diponegoro menjadi seorang pangeran. Mengajak 51 pelukis yang terlibat dalam pelukisan gambar Pangeran Diponegoro.

Baca Juga : 51 Lukisan Di Pamerkan di Sastra Rupa Gambar Babad Diponegoro

“ Ada 2 pelukis yang melukis lukisan ke 51 tersebut, jadi ada 50 adegan. Nanti akan kita lihat bagaimana pandangan dari kedua pelukisnya,” katanya.

50 Adegan yang akan diperlihatkan dalam pameran sastra rupa merupakan adegan yang terpilih dari 100 adegan di babad Pangeran Diponegoro. Kemudian, lukisan dari babad Pangeran Diponegoro akan juga di jual kepada masyarakat.

“PATRA PADI itu hanya menceritakan adegan dari babad dan menyerahkan pada kurator dan kurator yang menentukan kepada seniman, kemudian hasil akan diperlihatkan kepada kurator kembali dan akan dicek apakah ada menyimpang atau tidak,”tambahnya.

Selain pameran lukisan, akan dipamerkan juga benda-benda sebagai wujud apresiasi masyarakat terhadap Pangeran Diponegoro, seperti buku tulis bersampul Pangeran Diponegoro, Komik Pangeran Diponegoro, Plang jalan Pangeran Diponegoro, patung Pangeran Diponegoro, serta akan diadakan pula forum diskusi bersama. Forum diskusi ini akan diadakan sebanyak 4 kali diskusi dan akan ada salah satu diskusi yang mendatangkan sejarawan dari Inggris.

“Kita juga akan mengundang anak SD,SMP, SMA untuk kunjungi pameran, ini kan tentang menceritakan sejarah,” imbuhnya.

Bayu

Ini Tips Menjalankan Bisnis Kontrakan

Previous article

Glenn Fredly Target Rilis Album Baru Tahun Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature