Flash Info

Siap-siap Lihat Supermoon Terbesar Malam ini

0
Supermoon terbesar

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Fenomena alam Supermoon terbesar atau purnama perige malam nanti akan dapat dinikmati masyarakat Indonesia. Supermoon malam ini adalah fenomena kedua yang terjadi pada 2019 sebelumnya terjadi 21 Januari lalu.

Melansir BMKG, bulan akan berada di jarak terdekatnya dengan bumi atau berada di posisi perige yakni 363.300 kilometer. Peristiwa ini akan menjadi supermoon terbesar yang bisa diamati karena berada di titik terdekatnya dengan bumi.

“Saat purnama perige terjadi, ukuran Bulan menjadi lebih besar 14% dari saat purnama apoge (jarak terjauh bulan dari bumi saat orbit),” tulis BMKG Selasa (19/2/2019).

Baca Juga : Catat, 31 Januari Nanti Akan Ada Gerhana Bulan Total

Tingkat kecerlangan bulan purnama perige akan lebih cerah 30% dibanding saat purnama apoge.

Berdasarkan perkiraan BMKG, bulan akan berada di perige mulai pukul 16.02 WIB. Adapun fase purnama akan mencapai puncak pukul 22.53 WIB dan bisa diamati di seluruh langit Indonesia.

Supermoon 19 Februari adalah salah satu dari tiga rangkaian purnama perige yang mengawali 2019. Supermoon berikutnya akan terjadi pada 21 Maret mendatang namun tidak sebesar purnama malam nanti.

Lampu Penerangan Jalan Umum Kota Jogja Lebih Hemat

Previous article

Pasien Kanker DIY Termasuk Tinggi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info