Flash InfoHealth

Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa

0
olahraga
Aktivitas lari di jalanan Yogyakarta (Foto : Arif Adi Setiawan)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Umat Islam mulai melaksanakan ibadah puasa. Bagi yang jarang berpuasa tentu akan menghadapi tantangan, seperti merasa lemas karena tubuh butuh penyesuaian akibat jadwal makan minum yang bergeser. Namun santai saja karena ada tips tetap bugar selama berpuasa.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) memberikan tip agar tetap bugar selama berpuasa.

1. Makan sayur dan buah

Baca juga: Begini Mencegah Kalap Saat Puasa
Saat sahur dan berbuka, upayakan terdapat menu makanan yang berserat seperti buah dan sayur. Makanan berserat ini sangat membantu melancarkan sistem pencernaanmu di saat menjalani ibadah puasa Ramadan.

Baca Juga : Tips Saat Buka Puasa, Tidak Berlebihan

2. Atur porsi makan dan asupan gula, garam, lemak

Jadi healthies puasa bukan berarti menambah porsi makan lho! Tetapi makanlah sesuai porsi bergizi seimbang. Atur asupan gula (4 sendok makan) , garam (1 sendok teh) dan lemak (5 sendok makan) per harinya.

3. Jangan mager

Di bulan Ramadan bukan berarti mager setiap hari ya. Saat pagi, siang sampai sore beraktivitaslah seperti biasa. Kamu juga bisa melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki atau melakukan pekerjaan rumah. Jangan tinggalkan ibadah wajibnya ya.

4. Tidak merokok saat puasa

Jangan merokok saat berpuasa, Dalam satu batang rokok yg dibakar ada 4.000 zat racun seperti tar, nikotin dan karbonmonoksida yang mengakibatkan penyakit Stroke, Jantung, Kanker Paru/Tenggorokan, Penyakit Paru Kronis, dan lain-lain.

“Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1440H untuk seluruh umat muslim di Indonesia. Semoga kita menjadi pribadi yg bertakwa serta menjaga hati dari hawa nafsu. Tetap jaga kesehatan agar ibadah puasa lebih optimal. Salam sehat,” tulis akun twitter @KemenkesRI.

Tubuh manusia tidak diberi asupan makanan ataupun minuman selama lebih dari dua belas jam saat berpuasa. Minum air mineral yang cukup serta konsumsi suplemen dapat membuat manusia yang berpuasa tetap fresh saat berpuasa. Berbagai penelitian mengatakan jika puasa Ramadhan sangat berguna karena terrbukti menyehatkan tubuh.

Sultan Brunei Tunda Penerapan Hukuman Mati

Previous article

Hiburan Malam di Jogja Tutup Selama Ramadhan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info