Kota JogjaNews

Dishub Imbau Masyarakat Parkir Kendaraan Saat Belanja Takjil

0
makan kurma
Masyarkat berbelanja makanan jelang buka puasa

STARJOGJA.COM, JOGJA – Hampir disetiap ruas jalan yag ada di kota Jogja dapat dijumpai penjual takjil menjelang waktu berbuka puasa. Biasanya pedagang takjil ini akan memulai berjualan mulai sekitar pukul 3-an.

Namun yang cukup favorit di kota Jogja adalah pasar Ramadhan yang ada di wilayah Kampung Kauman Jogja. Meskipun lokasi pasar Ramadhan ini berada di gang yang ada di kampung Kauman namun berdampak terhadap keramaian lalu lintas di jalan KH. A. dahlan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja mencatat ada 4 tempat yang dijadikaan sebagai pasar tiban Ramadhan. Selain di kampung Kauman, pasar tiban ini juga ada di daerah Jogokaryan, Nitikan, dan Jalan Gajah Mada/Jalan Hayam Wuruk.

Baca juga : Menu Tradisional Jawa Andalan Buka Puasa di Whiz Prime Malioboro Yogyakarta

“Hampir disepanjang jalan ada [penjual takjil], tapi yang terpusat ada empat, jalan Gajah Mada, Nitikan, Kauman sama Jogokaryan,” kata Windarto Kepala Bidang lalu-lintas Dishub Kota Jogja diacara Info Pagi Star Jogja, Rabu (8/5/2019).

Untuk menjaga agar penjual takjil yang banyak ditemui saat bulan Ramadhan seperti di jalan Gajah Mada dan jalan KH. A. Dahlan tertib saat parkir maka dikeduat tempat tersebut juga ada petugas parkir resmi.

“Untuk jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk ada juru parkir resmi yang kami pesan untuk menata parkir agar meminimalkan gangguan,” imbuhnya.

Disinggung mengenai apakah ada atau tidak penjual yang sampai mengganggu pengguna jalan dan mendapatkan tindakan khusus Windarto menjawab sampai saat ini belum ada.

“Sampai saat ini belum ada tindakan, masih dalam batas toleransi, mengganggu pasti iya namun dalam batas wajar,”

Mengakhiri bincang-bincang, Windarto memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk memarkirkan kendaraan dengan baik sehingga tidak semakin mengganggu pengguna jalan yang lain.

“Masyarakat Jogja yang saya hormati, apabila mencari takjil di pinggir jalan maka parkir dulu serapat mungkin dengan bagian kiri jalan, dan jangan membeli dengan model drive thru [tidak turun dari kendaraan], karena akan semakin mengganggu pengguna jalan yang lain,” pungkasnya.

Ini Saran Ahli Gizi UGM Agar Tetap Bugar di Puasa

Previous article

Jadi Pahlawan Saat Jungkalkan Barcelona, Divock Origi: Ini Kerja Keras Tim

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja