NewsPendidikan

Gobak Sodor Jadi Permainan Pembentuk Karakter

0
Gobak Sodor Jadi Permainan Pembentuk Karakter
FOTO : Humas UNY

STARJOGJA.COM. SLEMAN – Gobak Sodor Jadi Permainan Pembentuk Karakter. Upaya ini dikembangkan oleh Sejumlah mahasiswa Prodi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum FIS Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mereka mengajarkan pendidikan karakter melalui permainan gobak sodor.

Elly Nur Rahmawati, Muhammad Abdul Aziz, Yohana Suryana, dan Syifa Alkautsar mengaplikasikannya di SDN Purwobinangun yang masih melestarikan permainan tradisional gobak sodor di ekstrakurikuler.

BACA JUGA : Permainan Dakon Ajarkan Sportifitas

Elly mengatakan, karakteristik siswa SD ada dalam fase senang untuk mempelajari hal-hal konkret dan tidak abstrak. Membentuk karakter anak SD tidak cukup dengan memberikan pemahaman kognitif soal pengertian karakter.

“Sehingga perlu adanya inovasi untuk mengembangkan pendidikan karakter dan permainan merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran penanaman karakter,” kata Elly.

Dengan bermain, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi nilai-nilai karakter dalam permainan tersebut. Aziz mengungkapkan, permainan tradisional memang mengandung nilai-nilai tertentu.

“Gobak sodor dipilih karena permainan membutuhkan ketangkasan, kecepatan, kekuatan berlari, dan strategi permainan,” ujar Aziz.

Syifa mengungkapkan, nilai-nilai karakter yang terkandung dalam gobak sodor sangat banyak. Karenanya, permainan ini dipilih sebagai satu sarana mengajarkan pendidikan karakter.

“Mulai dari religius, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, nasionalisme, demokrasi, kepatuhan, kesadaran hak dan kewajiban, serta tanggung jawab,” ujar Syifa.

UGM Punya Aplikasi Rekam Medis Digital

Previous article

Kemenkes Minta Dinkes dan UPT Siaga Monkeypox

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News