JogjaKUSejarah

Ini Sejarah Kantor Perpustakaan Nasional di Malioboro

0
Perpustakaan Nasional di Malioboro
FOTO : kebudayaan.kemdikbud.go.id

STARJOGJA. COM , JOGJA – Tak banyak yang mengenali bangunan yang nyempil diantara keramaian Malioboro ini. Padahal Bangunan Perpustakaan Nasional ini punya sejarah panjang bagi Indonesia dan DIY pada khususnya. Bangunan ini telah ditetapkan  sebagai Cagar Budaya pada tahun 2007.

Bangunan ini didirikan pada masa pemerintahan Belanda dan digunakan sebagai Kantor Domei. Pada zaman Jepang digunakan sebagai kantor penerangan atau propaganda. Setelah zaman revolusi kemerdekaan tahun 1944 – 1946 sampai sekarang digunakan sebagai Perpustakaan Daerah Yogyakarta.

Bangunan perpustakaan ini mempunyai dua lantai, bangunan menghadap timur ke Jalan Jenderal Ahmad Yani. Bangunan induk berukuran 38 x 12 m, komponen bangunan masih asli, belum banyak perubahan.

Untuk naik ke lantai dua menggunakan tangga yang terbuat dari kayu jati. Lantai atas menggunakan papan kayu, sedangkan lantai bawah di-floor  biasa. Bangunan tambahan letaknya di samping kanan pintu masuk dan difungsikan untuk perpustakaan anak-anak.

 

Ini Sejarah Masjid Syuhada Kotabaru

Previous article

Lalin di Pusat Perbelanjaan Bantul Mulai Padat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU