Pendidikan

Mahasiswa Baru UGM Bentuk Formasi Simbol Persatuan

0
mahasiswa
mahasiswa baru ugm (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Sebanyak 8.408 mahasiswa baru UGM membentuk 10 formasi logo alam ukuran besar di lapangan Grha Sabha Pramana, Minggu (23/8). Memakai caping berwarna merah dan putih, kertas asturo dan pom-pom, ribuan mahasiswa ini berkreasi membentuk formasi agar mirip dengan simbol persatuan dari setiap sila pancasila.

Kesepuluh formasi yang dibentuk ini diantaranya formasi gambar peta Indonesia, lalu formasi garuda pancasila dengan gambar peta, diikuti simbol sila pertama berupa kumpulan rumah ibadah. Lalu fomasi sila ketiga berupa simbol gambar tangan, sila keempat dangan simbol gambar sukarno dan Hatta.

Selanjutnya formasi sila kelima berupa gambar timbangan. Terakhir dengan menggunakan pom-pom dengan warna merah dan putih, mereka membentuk formasi garuda Pancasila dengan latar warna bendera merah putih beserta slogan integritas ugm, integrasi nasional.

Seperti diketahui, sebelumnya mahasiswa baru ini telah mengikuti rangkaian kegiatan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) selama sepekan, 3-9 Agustus 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengenalan pembelajaran sebelum kegiatan perkuliahan resmi dimulai.

Baca Juga : Masuk 8.408 Mahasiswa Baru UGM

Selain pembentukan formasi, penutupan PPSMB ini juga ditandai dengan orasi kebangsaan yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa. Dalam orasinya ia mengajak mahasiswa untuk ikut membangun indonesia dengan lekas bekerja setelah lulus nantinya.”Setelah lulus harus bekerja sesuai dengan bidang ilmu kita masing-masing, dengan rasa cinta kita pada negara ini.
Tidak ada lain, kita harus berhasil,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia memotivasi mahasiswa dengan menayangkan sebuah video yang berisi tentang perjalanan karir Presiden Joko Widodo, lalu Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menlu Retno Marsudi dan Mantan Wapres RI Boediono. Menurut Andika, mereka semua adalah alumnus UGM. Para mahasiswa baru, kata Andika, bisa meniru keberhasilan mereka kelak untuk bisa berkontribusi bagi negara ini. “Jika senior (alumnus) kita bisa jadi Presiden, menteri, maka kita harus bisa,” katanya.

Namun demikian, ia mengharapkan mahasiswa baru ini belajar dengan sungguh-sungguh untuk menyelesaikan studi tepat waktu.”Jangan kecewakan orang tua yang sudah berusaha kirim uang dan berdoa untuk anda,” katanya.

Selain itu Andika juga sempat mengundang dua orang mahasiswa yang berasal dari Lombok Timur dan Mataram, Nusa Tenggara Barat. Selanjutnya KASAD menelpon kedua orang tua masing-masing untuk menyampaikan langsung harapan mereka pada anaknya setelah diterima kuliah di UGM. “Harapan saya, mudah-mudahan anak saya berguna untuk dirinya sendiri, agama dan bangsa negara,” kata Haji Jafarudin di seberang telpon, menyemangati anaknya Ainul Haqim yang diterima di prodi Teknik Fisika, Fakutas Teknik UGM.

PT SSS Tersangka Kebakaran Tutan dan Lahan

Previous article

Lucy in the Sky Film Terbaru Natalie Portman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan