Techno

Profesi Saintis Data Jadi Profesi Termahal di Dunia

0
profesi Saintis Data
Pratikno sebut soal profesi Saintis Data (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM sekaligus Menteri Sekretaris Negara Pratikno, mengatakan di era disrupsi revolusi industri 4.0 banyak profesi yang hilang namun juga bermunculan jenis pekerjaan baru. Namun dari kesemuanya itu, ia menyebutkan profesi Saintis Data menjadi profesi termahal di dunia atau profesi yang paling banyak dicari.

“Data Scientists profesi termahal di dunia,” kata Pratikno saat memberi wejangan kepada ribuan wisudawan lulusan Sarjan dan Diploma UGM, Rabu (21/8/2019).

Menurut Pratikno profesi saintis data merupakan orang yang memiliki kompetensi yang mampu mengkombinasikan ilmu matematika, statisika, komputer sains dan ilmu bahasa.

Baca Juga : Jogja Bakal Punya Science Park

“Semakin lama, profesi ini semakin dibutuhkan,” katanya.

Meski demikian, kata Pratikno, setiap lulusan darjan dan Diploma memiliki kompetsi dan bidang ilmu masing-masing yang memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaannya. Namun ia mengingatkan agar para wisudwan tidak bergantung dengan satu keterampilan yang ia miliki.

“Apapun gelar dan bidang ilmu semakin dibutuhkan, memiliki technical skill juga memiliki social skilll maka sebaiknya bergaul lintas fakultas dan lintas prodi akan lebih baik,” katanya.

Di era disrupsi transformasi digitasl dan otomasi, kata Pratikno, banyak peluang yang terbuka namun banyak profesi yang hilang. Ia mengutip laporan dari Lembaga riset Internasional, McKinsey Global Institute yang memprediksi di tahun 2030 ada sekitar 75 juta hingga 375 juta pekerjaan yang hilang.

”Ada job gain dan ada juga job loss karena disrupsi dan otomasi,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengingatkan agar lulusan UGM tidak segan-segan untuk mengganti cita-cita profesi yang diidamkan. Sebab barangkali profesi yang diimpikan tersebut sudah tidak sesuai dengan kebutuhan sekarang ini dan di masa mendatang.

“cita-cita saudara masuk ke UGM empat tahun lalu, barangkali direvisi, bisa jadi tidak relevan lagi atau sudah usang,” paparnya.

Meski muncul jenis pekerjaan baru dan pekerjaan lama yang hilang namun untuk mendapatkan sebuah jabatan prestisius di pemerintahan agar bisa berkontribusi lebih luas untuk masyarakat menurutnya tidak mesti harus meniti karir dari bawah.

“Untuk jadi pejabat, tidak mesti jadi CPNS bisa lewat wirausaha atau bekerja di korporasi swasta, jadi politisi tidak mesti mendaftar ke partai politik, mumpung masih muda pilih tempat yang memberi ruang untuk terus bisa belajar dan mengembangkan diri,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Pratikno menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudwan yang telah berhasil menyelesaikan studinya.

November Awal Musim Hujan di DIY

Previous article

The Minions Awali Laga Gelar Juara Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno