Nusantara

Tiga Tahap Rencana Pembangunan Ibu Kota Baru

0
tiga tahap rencana pembangunan
Ibu Kota baru Indonesia dibagi 4 zona (antara)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Presiden Joko Widodo telah mengumumkan lokasi ibu kota baru dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Ada tiga tahap rencana pembangunan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa tiga tahap rencana pembangunan  perpindahan ibu kota ini menugaskan tiga kementerian, yaitu PUPR, Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Bappenas mengkaji pokoknya yang mau pindah apa tidak, kenapa harus pindah, di mana, segala kajiannya, sampai legalnya itu Bappenas urusannya. ATR itu setelah ditunjuk lokasinya beliau mengamankan lahannya,” katanya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia Rabu (28/8/2019).

Baca Juga : Ibu Kota Baru Indonesia Dibagi Empat

Basuki menjelaskan bahwa PUPR bertugas mendesain dan membangun prasarana dasar. Tiga kementerian itu membuat tiga tahap rencana pembangunan.

“Pertama 2019 sampai 2020 ini kita mendesain juga tentang kawasannya. Setelah kawasannya ditunjuk, RTBL [rencana tata bangunan dan lingkungan] kaya apa, di mana DPR-nya, di mana istananya, di mana kementeriannya, di mana perumahannya, di mana komersial distriknya,” jelasnya.

Tahapan kedua yaitu membangun prasarana dasarnya yang direncanakan 2020—2023. Di sini PUPR membuat jalan, drainase, sampai air bersih.

“Setelah itu baru tahap ketiganya. Mudah-mudahan bisa dimulai tahun depan setelah tahap kedua. Itu yang perkantorannya, perumahannya sehingga nanti tahun 2023—2024 kita sudah ada rencana pergerakan pemindahan ke sana dari kementerian-kementerian,” ucap Basuki.

Bayu

Public Expose live 2019 Pertama di Dunia

Previous article

Ridwan Kamil : Desain Ibu Kota Baru Harus Humanis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nusantara