Nusantara

Polri : Benny Wenda Menyebarkan Hoaks

0
KST papua
Massa membakar ban saat kerusuhan di pintu masuk Jl. Trikora Wosi Manokwari, Senin (19/8/2019). Aksi ini merupakan buntut dari kemarahan mereka atas peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang. ANTARA FOTO/Toyiban/pras/ama.

STARJOGJA.COM, News – Polri mengungkapkan adanya jaringan Internasional yang terlibat dalam aksi anarkis di Papua dan Papua Barat, lantaran Benny Wenda menyebarkan hoaks atau informasi palsu kepada sejumlah kepala negara melalui media sosial.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan bahwa Benny Wenda menyebarkan hoaks melalui akun media sosialnya dalam bentuk foto, video yang kemudian ditambahkan narasi hoaks ke sejumlah kepala negara lain.

Benny Wenda adalah warga Papua yang saat ini menetap dan menjadi warga negara Inggris.

Baca Juga: Pemerintah : Benny Wenda Lakukan Hasutan Papua

“Kami sudah mendeteksi akun-akun yang bersifat provokatif dan hoaks seperti menyebarkan foto dan video melalui media sosial yang dia lakukan dan rutin disebarkan,” tutur Dedi, Selasa (3/9/2019), terkait aktivitas Benny Wenda.

Selain memiliki akun media sosial facebook, Benny Wenda juga memiliki website yang kini sudah diblokir operator telekomunikasi atas instruksi Pemerintah.

Polisi tidak dapat menangkap Benny Wenda atas perkara dugaan tindak pidana penyebaran hoaks karena yang bersangkutan kini sudah menjadi warga negara Inggris.

Menurut Dedi, Polisi tidak berwenang menangkap Benny Wenda atas perbuatannya, karena hal itu dilakukan Benny Wenda di negara lain, bukan di Indonesia.

“Benny menyebarkan informasi hoaks itu melalui medsos dan Whatsapp, dia menyebarkan info itu langsung ke kepala negara di lingkungan negara Asia Pasifik,” kata Dedi.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut bahwa Benny Wenda adalah dalang dari kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

Moeldoko mengatakan Benny Wenda memang aktif menyebarkan informasi tidak benar kepada pihak asing maupun masyarakat pribumi di Bumi Cendrawasih. Bahkan, Moeldoko membeberkan Benny Wenda telah melakukan pergerakan politik di luar negeri.

Nonton Film Warkop DKI Reborn Bayar Lima Ribu Saja

Previous article

PT Liga Tunggu Laporan Kerusuhan PSIM Lawan Persik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nusantara