Kota JogjaNews

Deteksi Dini Penyakit Lewat Skrining Riwayat Kesehatan

0
skrining kesehatan

STARJOGJA.COM, JOGJA – Skrining Riwayat Kesehatan ini bermanfaat untuk mengetahui potensi risiko terhadap 4 (empat) penyakit yaitu Diabetes Melitus, Hipertensi, Ginjal Kronik dan Jantung Koroner. Hal ini sangat diperlukan mengingat kebanyakan masyarakat baru sadar mereka mengidap penyakit tersebut ketika sudah mencapai fase lanjut.

Oleh karenanya, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola risiko penyakit-penyakit kronis tersebut sejak dini, BPJS Kesehatan pun menghimbau peserta JKN-KIS untuk melakukan langkah ini 1 kali dalam setahun.

Faradhyta Maharani Putri, Staff Promotif Preventif BPJS Kesehatan Sleman mengatakan sekarang peserta JKN-KIS dapat melakukannya sendiri melalui fitur skrining riwayat kesehatan yang terdapat di aplikasi Mobile JKN.

“Mengisi skrining kesehatan itu sangat mudah, apalagi sekarang sudah ada di aplikasi Mobile JKN”. Ungkapnya saat berbincang di program Bincang Special Star Jogja FM, Rabu ( 09/10).

Setelah mengunduh aplikasi Mobile JKN dan log in, peserta mengisi data diri seperti nomor kartu JKN-KIS serta data diri lainnya. Setelah itu peserta dipersilahkan untuk menjawab soal-soal yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta, dan pola makan peserta.

” Apabila semua pertanyaan tersebut telah dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil . Hasilnya akan langsung keluar pada saat itu juga,” jelasnya.

Apabila hasilnya adalah risiko rendah maka peserta JKN-KIS akan diingatkan untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan melakukan latihan fisik rutin minimal 30 menit/hari. Namun apabila hasilnya adalah resiko sedang atau tinggi maka peserta akan dihimbau untuk konsultasi ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama untuk mendapatkan penjelasan terhadap hasil skrining riwayat kesehatan dan melakukan tes lebih lanjut.

Kantor Bupati Bantul Belum Ada Fasilitas Bagi Difabel

Previous article

Minyak Curah di Pasar Tradisional Jogja Aman Dikonsumsi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja