Kota JogjaNews

DLH Jogja Intensifkan Pemangkasan Pohon Perindang

0
pemangkasan pohon
Ilustrasi Pemangkasan Pohon ( JIBI)

STARJOGJA.COM,JOGJA – DLH Jogja Intensifkan Pemangkasan Pohon Perindang. Dinas Lingkungan Hidup (DLH ) Kota Yogyakarta terus mengintensifkan pemangkasan pohon perindang jelang musim hujan . Langkah ini sebagai salah satu antisipasi potensi pohon tumbang akibat angin kencang atau hujan deras.

“Setiap hari, ada petugas yang rutin melakukan pemangkasan dan terus diintensifkan menjelang musim hujan. Kami lakukan pemangkasan pohon yang menjadi milik Pemerintah Kota Yogyakarta,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Suyana, dilansir dari antara.

Ia menjelaskan pemangkasan menjelang musim hujan diprioritaskan untuk pohon yang memiliki tinggi lebih dari sembilan meter dengan tajuk yang rimbun. Berdasarkan data, pohon yang rawan tumbang biasanya pohon dengan ketinggian sekitar 12 meter dan sudah berusia tua yang ditandai dengan batang keropos dan tumbuh jamur.

BACA JUGA : Rp1,5 Miliar untuk Pohon Perindang di Kota Jogja

Oleh karena itu,petugas pemangkas pohon juga diminta untuk mengecek kondisi batang pohon sebagai bagian dari antisipasi pohon tumbang karena beberapa hari lalu sempat ada kejadian pohon tumbang meski tidak ada hujan atau angin.

Setelah dilakukan pengecekan, batang pohon dari salah satu persil sekolah tersebut mengalami pelapukan dan tumbang ke jalan raya sehingga sempat mengganggu arus lalu lintas.

Di Kota Yogyakarta terdapat sekitar 18.000 pohon perindang dari berbagai jenis. Pohon tersebut biasanya ditanam di tepi jalan dan diberi tanda berupa cat putih di batang. Pohon perindang tidak boleh ditebang sembarangan oleh warga.

Sedangkan bagi masyarakat yang memiliki pohon dengan tajuk yang cukup rindang juga diimbau untuk segera melakukan pemangkasan.

”Untuk pohon di persil pribadi, menjadi tanggung jawab pemilik,” katanya.

Meskipun demikian, jika masyarakat membutuhkan bantuan DLH untuk melakukan pemangkasan pohon, maka bisa mengajukan permohonan.

“Saat ini, kami memiliki empat kru pemangkasan dibantu tiga kru pemangkas dari swasta,” katanya.

32 Kontingen Meriahkan Kirab Garebeg Pasar Jogja

Previous article

Desa dan Kecamatan di Kulonprogo Akan Diubah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja