News

Jokowi Akan Umumkan Susunan Kabinetnya 20 Oktober

0
utang indonesia
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin (kiri) sebelum memimpin rapat pleno Komite Nasional Keuangan Syariah di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (5/2). Presiden meminta masyarakat Indonesia dapat menjadi motor penggerak ekonomi syariah yang dapat memenuhi kebutuhan industri dan perdagangan syariah dalam dan luar negeri, serta penguatan badan wakaf mikro seperti di lingkungan pesantren. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama/18

STARJOGJA.COM, Info – Presiden Joko Widodo akan dilantik sebagai kepala negara untuk periode kedua pada 20 Oktober nanti. Setelah itu, Jokowi akan umumkan susunan kabinetnya dalam waktu dekat.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya mempersilakan  Jokowi akan umumkan susunan kabinetnya.

Dia mengutip Undang-Undang (UU) nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kementerian. Di situ tertulis paling lama 14 hari kerja sejak presiden mengucapkan sumpah atau janji harus sudah ada kabinet. Bagi Hasto, itu waktu yang cukup bagi Jokowi.

Baca Juga : Ada Warga Papua di Kabinet Jokowi 2019-2024

“Presiden Jokowi yang paling tahu kapan momentumnya. Presiden punya waktu yang cukup. Tapi kita tahu karakter Pak Jokowi yang mau kerja cepat. Kalau mengikuti informasi beliau paling lambat Rabu,” katanya melalui keterangan pers, Jumat (18/10/2019).

Hasto menjelaskan bahwa sebelum momentum pengumuman digelar, dia menyarankan Jokowi harus seksama melakukan pengecekan rekam jejak, kepemimpinan, intergritas, dan kemampuan bekerja sama dengan presiden karena mereka pembantu presiden.

“Tak boleh ada menteri setelah dilantik tiba-tiba kibarkan bendera mau jadi presiden 2024. Semua harus setia dalam lima tahun ke depan,” jelasnya.

Terkait porsi kementerian yang akan diberikan ke partai politik khususnya untuk PDIP, Hasto tak menyebut jumlahnya.

“Semua kementerian penting dan strategis tapi yang jelas PDIP paling banyak,” ucapnya.

Jennifer Aniston Pecahkan Rekor di Instagram

Previous article

Destinasi Digital Pasar Menoreh Siap Dilaksanakan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News