Kab Kulonprogo

Lewat Kulonprogo Bawa SIM di Operasi Zebra Progo 2019

0
patuh progo 2023
Ilustrasi Razia

STARJOGJA.COM, Info – Untuk meningkatkan ketaatan berlalulintas bagi pengguna jalan raya, Kepolisian Resor Kulonprogo menggelar Operasi Zebra Progo 2019. Operasi ini akan berlangsung selama dua minggu mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Anggara Nasution merinci prioritas pelanggaran yang akan menjadi target dalam operasi kali ini. Antara lain tidak menggunakan helm SNI, melawan arus lalu lintas, menggunakan ponsel saat berkendara, berkendara di bawah pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan melanggar ketentuan tata cara muatan serta peruntukkan kendaran.

“Ada sekitar 114 personel yang kami kerahkan serta imbangan polsek-polsek jajaran ,” kata Anggara kepada Harianjogja.

Baca Juga : Operasi Zebra : Pelanggaran Kelengkapan Surat Berkendara Mendominasi

Jajarannya akan menyasar beberapa daerah rawan pelanggaran lalu lintas di Kulonprogo seperti Jalan Diponegoro, Wates dan Jalan Bhayangkara, Wates, serta daerah rawan kecelakaan seperti Jalan Jogja-Wates di KM 24-26 atau Simpang Tiga Tugu Pensil sampai Simpang Tiga Milir Pengasih yang merupakan ruas penggal jalan nasional, serta beberapa lokasi yang akan ditentukan kemudian.

Berantas Rentenir Pasar, Disdag Kulonprogo Bentuk Koperasi Simpan Pinjam
Pada operasi zebra periode 2018 lalu, Polres Kulonprogo menjaring sebanyak 6.243 pelanggaran lalu lintas dengan rincian sebanyak 5.494 ditindak tilang dan 749 teguran. Angka ini turun dari tahun 2017 lalu yang menjaring sebanyak 6.924 pelanggaran.

Anggara berharap, dengan adanya operasi ini masyarakat dapat meningkatkan kesadaran berlalu lintas.

“Kami harap kegiatan ini dapat menurunkan angka pelanggaran dan jumlah kecelakaan lalu lintas,” kata dia.

Lewat apel ini, Polres Kulonprogo memperkenalkan maskot Operasi Zebra Progo 2019 yaitu dua pahlawan super Superman dan Captain America.

“Pahlawan ini filosofinya sebagai penolong masyarakat. Mereka kami tampilkan dalam rangka mengingatkan masyarakat agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas,” tutur Anggara.

I Lost My Body Menang di Animation is Film Festival 2019

Previous article

Wajah Baru Menteri Jokowi Tidak Ideal tapi Realistis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *