Flash InfoLifestyle

Anda Suka Narsis? Yuk Baca Pendapat Ahli Berikut Ini

0
Ciri narsisme
ilustrasi Narsis (ist)

STARJOGJA.COM, LIFESTYLE – Setiap orang berpotensi mengalami gangguan kepribadian. Orang yang suka narsis misalnya, juga merupakan salah satu gangguan kepribadian.

Narsisme merupakan gangguan kepribadian yang ditandai dengan sifat-sifat seperti rasa mementingkan diri sendiri dan kebutuhan untuk menerima kekaguman dari orang lain.

Dikutip dari Bisnis.com pada Kamis (31/10/2019), menurut seorang ahli bernama Kostas Papageorgiou, seorang dosen psikologi di Queen’s University Belfast, Inggris menyatakan bahwa narsisme adalah bagian dari apa yang disebut sebagai dark tetrad, mencakup machiavellianisme, psikopat, dan sadisme.

Narsisme yang rentan cenderung lebih defensif dan memandang perilaku orang lain sebagai musuh. Sementara, narsisme yang muluk biasanya memiliki perasaan superior yang berlebihan dan cenderung senang dengan pujian.

Baca juga :KESEHATAN JIWA: Psikolog atau Psikiater, Harus ke Mana?

Kendati merupakan sifat yang dianggap negatif, Papageorgiou mencoba mengeksplorasi apakah gangguan kepribadian ini juga memiliki beberapa sifat positif yang dapat membantu menjaga kesejahteraan psikologis seseorang.

Papegeorgiou bersama rekannya baru-baru menerbitkan dua makalah yang menunjukkan bahwa orang-orang dengan karakteristik narsisme ternyata memiliki ketahanan yang lebih besar terhadap stres dan kecil kemungkinannya mengalami depresi.

Kedua makalah itu menganalisis data dari tiga studi yang berbeda. Dalam makalah pertama, para peneliti bertujuan untuk menilai apakah individu narsis menunjukkan ketangguhan mental yang lebih tinggi.

Pada makalah kedua, peneliti mengamati bahwa orang dengan sifat narsisme juga memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki sifat ini.

Papageorgiou menekankan bahwa nyatanya narsisme tidak selalu buruk, tetapi bukan berarti pula hal itu menjadi baik. Penelitiannya menunjukkan bahwa ada keragaman gagasan yang perlu diketahui untuk dijadikan bahan mengambil tindakan yang tepat terkait orang-orang narsistik muluk.

Bayu

RS di Bali Tawarkan Wisata Kesehatan

Previous article

Ini 9 Penyakit kronis di Program Rujuk Balik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info