FeatureKab SlemanNews

Jelang Nataru Stok dan Harga Sembako di Sleman Aman

0
pajak sembako
Tim dari Disperindag Sleman saat melakukan pantauan harga sembako di pasar modern.

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Menjelang peringatan hari raya natal dan tahun baru 2020, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Perindustrian dan Perdaganagn (Disperindag) menggelar pantauan harga sembako di sejumlah pasar, pada Kamis (12/12/2019). Kegiatan ini juga melibatkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY.

Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan dan Perdagangan Tradisional Dinas Perindustrian dan Perdaganagn (Disperindag) Kabupaten Sleman, Haris Martapa, menyebutkan pantauan harga menyasar baik pasar tradisional maupun modern.

Ada 3 pasar yang dikunjungi pada kesempatan tersebut, diantaranya Pasar Pakem, Lotte Mart dan Indogrosir. Menurut Haris persediaan bahan pokok di Kabupaten Sleman dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga tutup tahun 2019 nanti.

Baca juga: 50 Produk Kadaluarsa Ditemukan Di Sidak Jelang Nataru

“Harga-harga juga cenderung stabil. Mungkin cabai yang mengalami kenaikan 10 persen, yakni dari harga Rp 28.000 per kilo menjadi Rp 30.500. Kemudian daging sapi super dari harga 120 ribu menjadi 140 ribu. Selebihnya harga tetap stabil”, lanjut Haris.

Nada yang sama diungkapkan oleh Tri Saktiana selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY. Menurut dia, tidak ada perbedaan yang signifikan antara harga saat ini dengan beberapa bulan sebelumnya. Namun menurutnya memang ada perbedaan beberapa harga sembako antara pasar tradisional dan pasar modern.

“Ini bisa kita pahami memang bisnis utama di pasar modern bukan panganan segar seperti cabai, bawang merah dan bawang putih”, ungkapnya.

Sedangkan untuk persediaan beras, ia mengatakan masih dapat untuk mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 4 bulan ke depan. Ketersediaan beras, lanjutnya, diantaranya didukung oleh BULOG sebanyak 40 ribu ton.

100.000 Personel Polri Amankan Natal dan Tahun Baru

Previous article

TPST Piyungan Bukan Jadi Solusi Akhir Sampah di DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature