TPST Piyungan Bukan Jadi Solusi Akhir Sampah di DIY

0
Solusi Akhir Sampah

STARJOGJA.COM, JOGJA – TPST Piyungan Bukan Jadi Solusi Akhir Sampah di DIY. Pemda DIY terus mencari solusi sampah di DIY. Masyarakat pun juga harus merubah mindset dalam pengelolaan sampah di wilayahnya.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan TPST Piyungan bukan menjadi solusi akhir dari penanganan sampah di DIY. Skema KPBU dengan pihak investor juga jadi salah satu cara untuk mengatasi produksi sampah yang tinggi di wilayah ini.

“Kami tegaskan, penyelesaian sampah dengan TPA ini bukan solusi akhir dan bersifat sementara,” jelasnya kepada awak media , Kamis (12/12).

Aji mengatakan, untuk KPBU TPST Piyungan ini Pemda DIY sudah melaksanakan presentasi di Bappenas. Pemda DIY saat ini masih menunggu investor yang disebutnya tengah menghitung

” Kami tengah tengah menunggu investor yang memperhitungkan terkait dengan skema kerjasama ini.Hal ini karena investor tidak hanya memikirkan secara sosial tapi ekonomis, perlu pertimbangan dan survei. Harapan kami segera diselesaikan,” jelasnya.

Menurutnya, edukasi pengelolaan sampah kepada masyarakat juga mendesak dilakukan agar masalah sampah ini bisa diatasi.

“Perlunya pemisahan sampah organik dan anorganik dan didukung perubahan mindset memperlakukan sampah harus diedukasi terus. Penampungan bukan solusi final. Memilah menjadi hal yang ditawarkan pada masyarakat,” jelasnya.

Sejumlah investor diklaim berminat berinvestasi dalam pengelolaan Tempat Pembungan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan. Pemda DIY kini gencar mempromosikan pengelolaan TPST Piyungan ke investor.

Pemerintah DIY kini berencana melakukan pengelolaan sampah di TPST Piyungan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Melalui skema tersebut, tempat pembuangan sampah yang terkesan kotor akan ditata ulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here