Kab KulonprogoNews

Semua Extra Flight pada Nataru Dipusatkan di YIA

0
penerbangan di YIA
FOTO : Denie Artha

STARJOGJA.COM, KULONPROGO – Semua Extra Flight pada Nataru Dipusatkan di YIA. PT Angkasa Pura I menegaskan penerbangan ekstra atau extra flight untuk Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 tidak diperbolehkan di Bandara Internasional Adisutjipto. Penerbangan ekstra akan dipusatkan di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo.

General Manager (GM) Bandara Internasional Adisutjipto sekaligus PJS GM YIA Agus Pandu Purnama mengungkapkan telah menerima instruksi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pekan lalu mengenai Posko Nataru.

“Intinya seluruh penerbangan ataupun bandara menyelenggaran Posko Nataru pada 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020, selama 19 hari,” kata dia, Minggu (15/12/2019).

Ia mengatakan berbagai persiapan pun dilakukan seperti menambah personel, baik di Adisutjipto maupun YIA. PT AP I menyiapkan 100 personel di Adisutjipto yang terdiri dari 50 personel dari AP I dan 50 personel eksternal, sedangkan di YIA disiapkan 105 personel yang terdiri dari 49 orang dari AP I dan selebihnya dari eksternal seperti TNI, Polri, dan pihak terkait lainnya.

“Permasalahannya adalah penerbangan tambahan. Saya sudah declare ke teman-teman airline khusus Nataru tahun ini enggak diperkenankan di Adisutjipto. Seluruhnya dipindahkan ke YIA,” kata dia.

Pandu mengungkapkan sampai saat ini baru Garuda yang mengajukan tambahan jadwal penerbangan di YIA. Bahkan, sejak 6 Desember 2019 Garuda telah menambah empat pergerakan (dua penerbangan) setiap hari. Selain itu, Citilink pun menunjukkan ketertarikan meskipun belum ada kepastian.

“Biasanya pada H-3 hingga H-1 posko baru mengajukan. Kami akan buka pengajuan extra flight hingga 19 Desember 2019,” ujar dia.

Dengan adanya extra flight di YIA, AP I akan menyesuaikan jam operasional bandara dari biasanya hanya sampai 18.00 WIB menjadi 21.00 WIB selama posko. Selain itu jumlah penumpang pesawat selama Nataru pun diperkirakan mengalami kenaikan meskipun diperkirakan tidak setinggi jika extra flight dilayani di Adisutjipto.

“Kalau Lebaran kenaikan bisa mencapai 12 persen dan Nataru biasanya delapan persen di Adisutjipto. Kalau sekarang di YIA ini enggak muluk-muluk, kami perkirakan empat hingga lima persen,” ujar dia.

Bahan Pokok di Sleman Aman Sampai Akhir Tahun

Previous article

Ular Kobra Banyak Ditemukan di Kloset Kamar Mandi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *