Kota JogjaNews

Kenaikan Penumpang KA di Nataru Diprediksi 5 Persen

0
FOTO : ALDI

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kenaikan Penumpang KA di Nataru Diprediksi Sekitar 5 Persen PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 6 Yogyakarta memprediksi kenaikan jumlah penumpang pada musim angkutan natal dan tahun baru naik sekitar lima persen dibanding tahun lalu.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan jika pada 2018 lalu, pihaknya mengangkut sebanyak 696.419 penumpang,maka pada tahun ini diperkirakan Kenaikan Penumpang KA melonjak hingga mencapai angka 729.161 penumpang. Untuk melayani penumpang, sejumlah persiapan baik dari sisi personel dan juga moda pengangkutan telah disiapkan oleh pihaknya.

Eko juga menjelaskan di masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini pihaknya hanya menyediakan sebanyak lima moda kereta api (KA) tambahan.Meskipun lebih sedikit dibanding dengan tahun lalu yang menyiapkan sebanyak delapan KA, Eko menjelaskan kondisi itu tidak berpengaruh secara signifikan terhadap operasional angkutan Nataru.

” Lima unit penambahan KA tersebut masing-masing yakni KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga (Solo-Gambir), KA Taksaka (Yogyakarta-Gambir), KA Lodaya (Solo-Bandung), serta Sancaka (Yogyakarta-Surabaya) dengan kapasitas 42.712 kursi,” jelasnya kepada Star Jogja FM, Jumat (20/12).

Total jumlah kapasitas penumpang di KAI DAOP 6 disertakan dengan lima KA tambahan yakni mampu menampung sebanyak 1.065.220 penumpang.

“Puncaknya kami prediksi pada 31 Desember mendatang dengan volume sebanyak 45.783,” sambungnya.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyiapkan sejumlah langkah dalam menghadapi musim hujan yang akan memasuki puncaknya pada bulan Januari mendatang. Beberapa langkah antisipasi tanah longsor yang dapat menghalangi jalannya kereta sudah dilakukan, termasuk menerjunkan petugas tambahan. KAI juga menyiapkan AMUS atau alat material untuk siaga di sejumlah titik yang nilai rawan.

” AMUS merupakan bagian dari Sistem Pengurangan Resiko Bencana PT KAI,” terangnya.

Google Doodle Semarakkan Hari Ibu di Indonesia

Previous article

The Rise of Skywalker Puncaki Box Office Akhir Pekan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja