Flash InfoHealth

Menopause Dini Meningkatkan Risiko Kesehatan

0
Mioma Uteri
Ilustrasi Wanita

STARJOGJA.COM. HEALTH – Perempuan yang mengalami menopause dini, hampir tiga kali lebih besar kemungkinannya mengalami beberapa masalah medis kronis pada usia enam puluhan dibandingkan perempuan yang mengalami transisi pada usia 50 atau 51 tahun, demikian menurutlaporan peneliti baru-baru ini.

Di negara-negara berpenghasilan tinggi, sepertiga dari kehidupan perempuan terungkap setelah menopause.

Penelitian sebelumnya menunjukkan menopause dini pada usia 40 tahun atau lebih muda,dikaitkan dengan kelak akan mengalami satu masalah medis seperti penyakit jantungdan diabetes.

Tetapi studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal medis, Human Reproduction, untuk pertama kalinya mengamati kaitan antara waktu menopause alami dan timbulnya beberapa masalah medis, yang dikenal sebagai multimorbiditas, kata para penulis studi.

Sebagaimana dilaporkan AFP, data tersebut diambil dari 5.100 lebih perempuan yang terdaftar dalam survei kesehatan nasional Australia.

Para perempuan itu melaporkan setiaptiga tahun sekali dari 1996 hingga 2016apakah mereka telah didiagnosis menderita salah satu dari 11 penyakit, termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, radang sendi, osteoporosis, asma, depresi, kecemasan atau kanker payudara.

Multimorbiditas didefinisikan memiliki dua atau lebih penyakit-penyakit tersebut pada saat yang bersamaan.

Perempuan dianggap telah memasuki menopause alami setelah 12 bulan tidak datang bulan.

Setelah 20 tahun, separuh lebih dari 2,3 persen perempuan yang mengalami menopause dini juga mengalami multimorbiditas.

Dibandingkan dengan perempuan yang mengalami menopause pada usia 50-51 tahun, mereka dua kali lebih besar berisiko multimorbiditas pada usia 60 tahun, dan tiga kali lebihbesar kemungkinan mengalaminya setelah 60 tahun.

“Empat puluh lima persen perempuan yang menopause dini menderita multimorbiditas pada usia 60-an dibandingkan dengan 40 persen perempuan yang menopause pada usia 50-51,” kata salah seorang penulis studi, Xiaolin Xu, profesor riset di Universitas Zhejiang China.

Studi ini tidak menunjukkan menopause dini menyebabkan perkembangan multimorbiditas, namun ada korelasi kuat, kata para penulis.

SUMBER : VOA Indonesia

Korban Hanyut Sungai Progo Ditemukan Meninggal

Previous article

Pemain Bola Tertua Berusia 75 Tahun di Liga Mesir

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info