Health

#Jenesuispasunvirus Merebak di Media Sosial

0
#Jenesuispasunvirus
#Jenesuispasunvirus atau saya bukan virus (twitter)

STARJOGJA.COM, Info – Komunitas Asia di Prancis membuat gerakan di media sosial dengan Tagar #Jenesuispasunvirus atau saya bukan virus. Hal ini dilakukan karena adanya wabah virus corona itu asia terkesan sebagai kelompok yang berbahaya dan harus dijauhi.

Tagar #Jenesuispasunvirus itu menjadi simbol perlawanan atas sikap menganggap komunitas Asia sebagai ancaman penyebar virus Corona. Di distrik tenggara Paris yang dikenal sebagai tempat tujuan untuk mereka yang menggemari kuliner Asia, bisnis menurun di restoran Vietnam milik Pascal Corlier.

Hal itu dinilai sebagai efek samping dari ketakutan atas virus Corona asal China yang telah memicu kepanikan, sekaligus memunculkan xenophobia (ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang dari negara lain, atau yang dianggap asing).

Baca Juga : Update Virus Corona 243 Orang di Wuhan Sembuh

Pandangan rasis dan stigma itu pun direspons di media sosial Twitter, seperti ditulis akun @ChengwangL yang menulis

Saya orang cina
Tapi saya bukan virus !!
Saya tahu semua orang takut dengan virus, tetapi jangan ada prasangka,

Beberapa pelanggan yang gelisah mulai bertanya kepada staf yang bertugas, apakah mereka orang China, menurut Corlier, yang ayah mertuanya dari Vietnam mengelola dapur dan menyajikan hidangan tradisional seperti sup pho. Sementara tamu yang lain berusaha menjauh.

“Ada semacam hambatan psikosis yang tidak berdasar di sekitar komunitas Asia dan makanan Asia,” kata pemilik restoran, menambahkan bahwa pendapatannya turun 40 persen untuk beberapa minggu pertama 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Wabah virus yang dimulai di kota Wuhan di China tengah telah menginfeksi lebih dari 9.800 orang – kebanyakan di China, tetapi sekitar 130 kasus di 24 negara dan wilayah di luar daratan China, termasuk enam kasus di Prancis.

Wabah ini telah menewaskan 213 orang di China dan memicu gelombang pembatasan perjalanan dan upaya lain untuk menghentikan penyebaran, baik di dalam China sendiri maupun di luar negeri.

Seperti halnya warga negara China, komunitas besar Asia di Prancis termasuk banyak orang keturunan Kamboja dan Laos, dan salah satu komunitsa terbesar Vietnam di luar negeri – peninggalan bekas kehadiran kolonial Prancis di Asia Tenggara.

Orang Asia di Prancis minggu ini membuat tagar Twitter #Jenesuispasunvirus (\ “Saya bukan virus \”) untuk melawan timbulnya sikap rasial. Insiden rasis, penghinaan dan cercaan telah dilaporkan dari taman bermain sekolah sampai ke supermarket, menurut Laetitia Chhiv, yang menjalankan asosiasi untuk orang-orang muda keturunan China.

“Kami memiliki seorang siswa asal China di Strasbourg yang diteriaki oleh seorang wanita yang mengatakan kepadanya untuk tidak menyentuh alpukat yang ingin ia beli,” kata Chhiv. “Itu setelah dia bertanya kepadanya dari mana asalnya dan apakah dia terjangkit virus.”

Kekhawatiran terhadap virus itu bergema di Paris dengan cara lain, dengan toko-toko kelas atas yang bergantung pada kelompok-kelompok wisata China yang merugi ketika arus pengunjung berkurang. Di beberapa pengecer, staf mengatakan pelanggan Prancis juga menjauh, sebagian karena takut bergaul dengan klien dari Asia.

“Rasisme melawan orang Asia menyebar lebih cepat daripada virusnya,” kata Sun-Lay Tan, yang bekerja di dunia seni. Ia adalah warga Prancis tapi keturunan China dengan leluhur yang tinggal di Kamboja.

“Saya sedang duduk di metro dalam perjalanan ke tempat kerja dan orang di sebelah saya beringsut menjauh beberapa sentimeter dan menutup mulutnya dengan syal. Saya terkejut.”

Corlier, pemilik restoran, yang istrinya berasal dari Vietnam, mengatakan bahkan anak-anaknya merasa stigma dan melihat orang-orang menutupi wajah mereka.

Seorang guru China di sebuah sekolah menengah Paris yang prestisius menulis surat kepada orang tuanya minggu ini untuk menjelaskan bahwa dia tidak pernah bepergian ke China selama bertahun-tahun, menurut email yang dilihat oleh Reuters.

“Orang-orang panik, jadi sulit untuk menahannya,” kata Corlier. “Tapi mereka mengambil langkah mundur … dan melihat begitu faktanya.

Sumber : Antara/Reuters

Masker Khusus Anjing Cegah Virus Corona

Previous article

Alasan Pemerintah Pakai Batik Air Angkut WNI dari Wuhan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health