Health

Rencana Legalisasi Tanaman Ganja di Aceh

0
ganja narkotika
ganja untuk medis (reuters)

STARJOGJA.COM, Info – Direktur Eksekutif The Aceh Institute Fajran Zain menyatakan ingin membuka pintu diskusi legalisasi tanaman ganja di Aceh. Menurutnya, ganja memiliki banyak kandungan positif sebagai bahan baku untuk berbagai produk.

“Selama ini stigma (ganja) itu adalah zat adiktif, narkoba, dan masuk dalam daftar BNN sebagai barang tidak boleh dikonsumsi,” katanya di sela-sela diskusi publik potensi industri ganja Aceh sebagai strategi pengentasan kemiskinan, di Kamp Biawak, Kota Banda Aceh, Jumat (31/1/2020).

Diskusi legalisasi tanaman ganja di Aceh itu mengundang Profesor Musri Musman sebagai peneliti pemanfaatan ganja untuk keperluan medis, pemerhati ganja Tgk Jamaica, serta Ketua Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Dhira Narayana.

Baca Juga : Ganja untuk Medis Tidak Efektif Sembuhkan Penyakit Mental

Fajran mengutip hasil penelitian Musri bahwa ganja itu produktif dan dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai produk bernilai ekonomi.

Dia menyebut produk pengawet warna, parfum, dan medis.

“Maka saya jadi bertanya apa dasar negara menjadikan ini ilegal,” ujarnya.

Sebagai lembaga penelitian, Fajran mengatakan, pihaknya wajib membuka ruang kepada publik untuk berdiskusi, meneliti, mengkaji tentang potensi ganja sebagai pengentasan kemiskinan di Aceh.

Meskipun, kata dia, kepolisian, BNN, serta sejumlah kalangan mempertanyakan tujuan dari diskusi yang dibuat tersebut.

“Ketika kami melansir ide diskusi ini juga ditelepon oleh pihak keamanan, BNN, mempertanyakan maksud diskusi ini. Saya katakan ini adalah diskusi, terbuka, kajian, akademik, dan silakan datang,” katanya.

Menurut dia, jika Pemerintah Aceh cermat dalam melihat potensi tanaman ganja, tidak tertutup kemungkinan pascadiskusi itu akan ada tindaklanjutnya.

“Kami buka kran diskusi dulu. Baru satu temuan penelitian, bukan tidak mungkin ada kajian lain tentang ganja yang memang positif,” katanya.

Sumber : Antara

Penyebab Taylor Swift Mengalami Gangguan Makan

Previous article

‘Goodie Bag’ Oscar 2020 Dikabarkan Senilai Rp1,4 M

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health