Kota Jogja

Virus Corona Pengaruhi Pariwisata Yogyakarta

0
Rakyat China demo

STARJOGJA.COM, Info – Virus Corona (Covid-19) membuat pariwisata di Yogyakarta menurun terutama dari turis asing yang masuk melalui Singapura dan Malaysia.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan rute penerbangan internasional langsung, yang sering digunakan turis asing, saat ini hanya dari kedua negara tersebut. Padahal, Negeri Singa telah menaikkan status travel warning dari kuning menjadi oranye akibat virus Corona.

“Di Yogyakarta, memang [virus Corona] sekarang telah membawa dampak [bagi indusrti pariwisata] walaupun tidak signifikan,” kata Singgih, Rabu (19/2/2020).

Dia menambahkan hal tersebut bisa dilihat dari pembatalan atau penundaan pemesanan kamar hotel di Kota Gudeg ini. Berdasarkan data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yogyakarta, pembatalan pemesanan kamar hotel mencapai 2 persen.

Baca juga: Angka Kematian Wabah Virus Corona 2.000 Lebih

Pihaknya menjelaskan pembatalan tersebut tidak hanya dilakukan oleh wisatawan asal China, melainkan juga dari sejumlah negara Eropa dan Asia. Pembatalan juga termasuk paket perjalanan wisata.

Kendati demikian, dampak virus Corona ini tidak signifikan karena bertepatan dengan masa sepi atau low season. Biasanya berlangsung pada akhir Januari hingga Maret setiap tahun.

“Namun, kalau [kondisi] ini berlarut-larut akan menimbulkan dampak yang lebih besar,” ujarnya.

Singgih mengaku masih optimistis bisa mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara hingga 500.000 orang hingga akhir tahun ini. Adapun, realisasi pada tahun lalu mencapai 433.000 orang.

Sumber : Antara

Rusia Tunda Masuknya Warga Negara China

Previous article

Menikmati Kopi Sore di Selatan Stasiun Tugu Yogyakarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja