Health

Alasan Pemda DIY Rilis Data Persebaran Covid-19

0
cegah covid-19 depok patroli
(http://corona.jogjaprov.go.id)

STARJOGJA.COM, Info – Pemda DIY secara resmi merilis data persebaran Covid-19 melalui website dan akun Instagram resmi pada Rabu (18/3/2020). Rilis persebaran itu harapannya bisa meningkatkan kewaspadaan kepada masyarakat. Selain itu masyarakat DIY diimbau tidak panik dengan disampaikan secara terbuka data persebaran tersebut.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih menjelaskan alasan merilis peta persebaran Covid-19 tersebut untuk mem berikan informasi kepada masyarakat. Selain itu melalui peta tersebut diharapkan menjadi kewaspadaan bersama. Ia mengingatkan kewaspadaan bukan hanya di kecamatan yang ada kasusnya saja, tetapi juga kecamatan lain.

Baca Juga : Sebaran Virus Corona di Indonesia

Mengingat secara epidemiologis wilayah DIY termasuk padat. Selain itu mobilitas masyarakat DIY ini sangat dinamis, sehingga kesatuan wilayah secara epidemiologis tidak terpisahkan antar kecamatan.

“Peta persebaran tersebut diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Disamping itu [melalui] angka persebaran ini harapan kami dapat dijadikan kewaspadaan kita [bersama]. Tetapi ini tidak menunjukkan zona merah. Karena secara epidemiologis wilayah DIY ini adalah wilayah yang padat, tidak terpisahkan, sehingga jangan dimaknai bahwa hanya kecamatan yang ada kasus yang perlu waspada,” katanya, Rabu (18/3/2020) sore.

Berty mengimbau kepada seluruh masyarakat DIY agar tidak panik dengan diinformasikannya persebaran tersebut. Sesuai dengan arahan Gubernur DIY, sebaiknya mengurangi aktivitas di luar rumah serta menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan meningkatkan stamina tubuh.

“Harapan kami semua masyarakat di DIY tetap waspada dan tidak panik, tetapi mengikuti arahan bapak Gubernur [DIY] bahwa mengurangi keluar rumah bila tidak penting. Mengurangi berkumpul dengan banyak orang, rajin melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, meningkatkan stamina tubuh dengan perilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Sumber : Harianjogja

UGM Benarkan Guru Besar UGM Kena Covid-19

Previous article

84 Sampel Darah Diperiksa BBTKLPP

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health