Kab BantulNews

84 Sampel Darah Diperiksa BBTKLPP

0
Positif Covid-19 DIY
Gubernur DIY meninjau fasilitas BBTKLPP Yogyakarta. FOTO : Humas pemda DIY

STARJOGJA.COM, BANTUL – Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) telah menerima sebanyak 84 sampel darah untuk diperiksa terkait Covid-19.

Kepala BBTKLPP Yogyakarta Irene menjelaskan hingga Rabu (18/3/2020) sudah banyak sampel untuk diperiksa terkait Covid-19 baik PDP maupun ODP atau kontak tracing. Sampel itu berasal dari pasien dalam pengawasan (PPD) maupun beberapa orang dalam pengawasan (ODP) di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

“Sampai hari ini kami menerima 84 sampel dari wilayah DIY dan Jawa Tengah karena sesuai kewenangan kami di wilayah DIY dan Jawa Tengah,” katanya, Rabu (18/3/2020).

Hasil pemeriksaan sampel oleh Laboratorium Virologi BBTKLPP Yogyakarta, kata Irene, dapat diperoleh dalam 2×24 jam setelah 29 sampel terkumpul di laboratorium mengingat setiap kali pemeriksaan 1 plate bisa untuk 29 sampel sehingga lebih efektif dan efisien.

“Semua sampel dikirim ke Litbangkes, dan jika positif dilanjutkan dengan pemeriksaan genomik,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap BBTKLPP Yogyakarta mampu membantu mempercepat penanganan kasus COVID-19 di DIY. Kehadiran balai besar itu akan memberikan kemudahan akses tes sampel darah, khususnya bagi masyarakat di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Melalui Laboratorium Virologi BBTKLPP Yogyakarta, masyarakat atau pasien bisa lebih cepat mengetahui negatif atau positif COVID-19 sehingga penanganan terhadap dirinya dan orang-orang yang melakukan kontak erat dengannya bisa cepat ditangani.

“Harapan saya (uji sampel) pasien di Yogyakarta dan Jawa Tengah cukup bisa diselesaikan di tempat ini hingga harapan saya hasilnya lebih cepat dan bisa diumumkan,” kata Sultan.

Alasan Pemda DIY Rilis Data Persebaran Covid-19

Previous article

Keluarga Guru Besar UGM Izinkan Umumkan Identitas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul