News

Terdampak Corona, Stok Darah Berkurang Sekitar 40%

0
PMI DIY
Ilustrasi kegiatan PMI

STARJOGJA.COM, JOGJA – Merebaknya virus Corona yang juga masuk ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berdampak terhadap stok darah yang dimiliki oleh Palang Merah Indonesia (PMI) DIY. Penurunan mencapai 40 persen.

Beberapa acara donor darah yang sudah dijadwalkan untuk dilaksanakan akhirnya batal digelar. Hal ini akibat dari anjurang untuk menghindari acara yang sifatnya menghimpun orang banyak.

Guna mengatasinya PMI DIY berencana untuk tetap menyelenggarakan donor darah masal akan tetapi dengan konsep yang berbeda.

Baca juga : Pasien Positif Tertular Virus Corona Bertambah

“Misalnya kita kumpulkan dalam jarak 2,5 meter bednya,” kata GBPH Prabu Kusumo Ketua PMI DIY saat acara penyerahan hibah perlengkapan sprayer dari PMI DIY kepada PMI Kabupaten/Kota di DIY, Jum’at (20/3).

Gusti Prabu berharap dengan konsep yang rencana akan dilaksanakan tersebut keamanan bagi peserta donor darah akan terjamin.

“Dengan jarak 2,5 meter ini insyaalloh lebih aman,” imbuhnya.

Dengan berkurangnya stok darah yang dimiliki oleh PMI saat ini Gusti Prabu berharap Kepala daerah bisa memberikan himbauan kepada warganya untuk tetap bisa mendonorkan darahnya.

“Kami harapkan, Bupati/Walikota, Gubernur, Dinas Kesehatan untuk menyampaikan himbauan ini,” pungkasnya.

800.000 Alat Tes Covid-19 dari China Tiba di Jakarta

Previous article

Warga Bantul Diminta Waspada, Ada 19 PDP Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News