News

Waduh bagian Miniatur Sumbu Filosofis Jogja Hilang

0
sumbu filosofis Hilang
HARIANJOGJA/GIGIH M. HANAFI Taman tugu pal putih di sisi timur laut kawasan Tugu Pal Putih, Jogja, Senin (5/10). Pembangunan taman selama tiga tahun tersebut menghabiskan dana sekitar Rp. 2,6 Milyar yang berasal dari APBD DIY.

STARJOGJA.COM, Info – Bagian miniatur sumbu filosofis dalam diorama yang terletak di sisi tenggara Tugu Jogja hilang. Ditenggarai ada oknum tidak bertanggung jawab yang mengambilnya pada Selasa (24/3/2020) dini hari.

Bagian miniatur sumbu filosofis yang hilang adalah logam berwarna keemasan sepanjang 196 sentimeter. Pada diorama ini, bagian tersebut terletak di sisi selatan Kandang menjangan, yang menjadi sumbu filosofis penghubung Kandang Menjangan dengan Parangtritis.

Baca Juga : Rayakan Kelulusan, Ratusan Siswa SMA Longmarch dan Doa Bersama di Tugu Jogja

Pemilik warung di sisi selatan diorama, Medi Harjono, mengungkapkan raibnya bagian miniatur ini pertama diketahui oleh petugas kebersihan saat hendak membersihkan diorama pada Selasa (24/3/2020) pagi. “Petugas kebersihan Pemsa DIY yang pertama melaporkan,” katanya, Rabu (25/3/2020).

Ia memperkirakan pencurian terjadi pada Selasa (24/3/2020) dini hari, saat area sekitar tugu sepi. “Kemungkinan di atas jam 12.00 malam. Karena sedang isu corona, di sini sepi tidak ada orang. Tidak ada yang menjaga juga,” ujarnya.

Setelah saksi melaporkan, ia menuturkan ada beberapa petugas dari Pemda DIY yang mendatangi lokasi dan memeriksa kondisi miniatur. “Katanya kejadian pencurian terekam di CCTV milik Dinas Perhubungan di utara lokasi dan CCTV milik Polresta di barat lokasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Pergubungan DIY, Tavip Agus Rayanto, membenarkan pencurian tersebut terekam dalam CCTV lalu lintas yang terpasang di sisi timur Tugu Jogja. “Dari rekaman, kejadian berlangsung sekitar pukul 01.00 atau 02.00 dini hari,” ujarnya.

Ia mengatakan dalam rekaman terlihat adanya gerak-gerik mencurigakan di sekitar diorama, mencabut bagian miniatur. Namun karena kondisi gelap, tidak terlihat jelas wajah pelakunya.

Kabag Humas Polresta Jogja, Iptu Sartono, mengatakan belum tahu soal kejadian tersebut.

Sumber : harianjogja

Pangeran Charles Terpapar Virus Corona

Previous article

Warga Dusun Sedan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News