Kab BantulNews

Pasien Positif Corona Diduga Tertular di Bantul

0
varian delta juni

STARJOGJA.COM, BANTUL – Pasien Positif Corona Diduga Tertular di Bantul. Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menyatakan bahwa satu pasien baru terkonfirmasi positif terpapar corona virus disease 2019 atau COVID-19 tidak mempunyai riwayat perjalanan dari luar daerah, sehingga ada kemungkinan tertular di daerah lokal.

Diketahui, Jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 di Bantul kini sebanyak tiga orang. Data itu merujuk laman resmi penanganan covid-19 Pemprov DIY corona.jogjaprov.go.id yang lansir, Sabtu (28/3/2020).

Kasus kekinian di Bantul dialami laki-laki berusia 53 atau masuk daftar kasus 19 di DIY.Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa, pasien tersebut merupakan warga Kecamatan Jetis.

Penyebab pasien tersebut terinfeksi Covid-19, kata pria yang akrab disapa dokter Oky itu diduga karena transmisi lokal.

Ia melanjutkan, transmisi lokal adalah penularan setempat yang terjadi dari penderita ke orang lain dalam satu wilayah.

Hanya saja, katanya, itu belum bisa dipastikan. Sebab, yang bersangkutan juga menjalin kontak fisik dengan banyak orang.

“Sedang dipastikan karena dia bekontak dengan banyak orang juga,” katanya kepada Harianjogja.com, Sabtu (28/3/2020).

Dia mengatakan pasien yang terkonfirmasi positif tersebut merupakan warga berdomisili di wilayah Kecamatan Jetis, Bantul. Dia enggan mempublikasikan identitas pasien itu, namun dia terkonfirmasi positif terpapar virus corona jenis baru itu pada Jumat (27/3) setelah hasil laborarorium keluar.

Sri Wahyu yang juga Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinkes Bantul ini mengatakan pasien positif baru ini ditemukan oleh Rumah Sakit Paru (RSP) Respira Bantul, meski begitu kronologi lengkapnya belum diterima, karena laporan yang masuk ke Gugus Tugas baru hasil laboratoriumnya.

“Yang (dirawat) di RSP Respira tetap di sana. Secara kompetensi Respira mampu untuk merawat. Kondisi pasien tidak pakai alat bantu, masih ada batuk,” katanya.

Untuk diketahui, selama ini dilaporkan mayoritas kasus covid-19 di DIY merupakan impor dari luar daerah terutama Jabodetabek. Belum ditemukan pasien positif Covid-19 karena transmisi lokal.

Jumlah pasien positif Corona di Provinsi DIY hingga Sabtu (28/3/2020) berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencapai 22 orang, dengan pasien sembuh 1 orang dan 2 pasien meninggal. Provinsi DIY saat ini menempati peringkat ke-7 secara nasional.

DIY Segera Gelar Rapid Test Corona

Previous article

Perhatikan Ini Saat Donasi Makanan di Pandemi Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul