Kota JogjaNews

Ini Wilayah Yang Berpotensi Dilanda Hujan Lebat

0
prediksi hujan
Ilustrasi Hujan (foto: Starjogja.com)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Sejumlah wilayah berpotensi dilanda hujan lebat. BMKG Yogyakarta meminta masyarakat mewaspadai hujan lebat yang menimbulkan cuaca ekstrem yang dimungkinkan terjadi pada Rabu dan Kamis (01-02/04). Sejumlah wilayah akan dilanda hujan lebat.

Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Yogyakarta Reni Kraningtyas, S.P., M.Si mengatakan Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Jawa. Daerah sirkulasi siklonik terpantau di Jawa bagian Timur membentuk daerah pertemuan angin yang memanjang dari pesisir barat Bengkulu hingga Laut Jawa Utara.

” Konvergensi terjadi memanjang dari pesisir Barat Bengkulu hingga laut Jawa utara Jawa Barat. Kondisi tersebut memberikan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah DIY,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya kepada starjogja.com,Rabu(01/04)

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Stasiun Klimatologi Sleman memprakirakan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah DIY pada tanggal 01- 02 April 2020.

Ini adalah wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat:

Sleman (Turi, Pakem, Cangkringan, Tempel, Sleman, Ngaglik, Ngemplak, Kalasan, Minggir, Seyegan, Godean, Mlati, Gamping, Depok, Berbah, Prambanan)
Kulon Progo (Girimulyo, Nanggulan, Samigaluh, Kalibawang, Sentolo, Kokap, Pengasih)

Kota Yogyakarta

Bantul (Sedayu, Kasihan, Sewon, Pajangan, Bantul, Pleret, Piyungan, Jetis, Imogiri, Dlingo, Pandak, Bambanglipuro)

Gunungkidul (Gedangsari, Ngawen, Semin, Nglipar, Playen, Patuk, Paliyan, Semanu, Karangmojo, Tepus, Rongkop, Ponjong, Wonosari)

” Waspadai kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang berdampak terjadinya longsor, banjir dan banjir bandang di wilayah DIY,” himbaunya.

WHO: Jangan Kenakan Masker Penutup Wajah

Previous article

Kebelet Nikah, Tenang KUA Masih Melayani Di tengah Wabah Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja