Health

Kebutuhan APD Indonesia Dapat Terpenuhi dari Lokal

0
material hazmat
ilustrasi APD ( foto : Bisnis.com)

STARJOGJA.COM, Info –  Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan kebutuhan, kemampuan dan kapasitas produksi alat pelindung diri (APD) di Indonesia dapat terpenuhi.

Wiku beralasan bahan baku alternatif pembuatan APD Gown yang sesuai standar WHO tersedia cukup melimpah di tanah air.

“Bahan baku alternatif tersebut diproduksi oleh industri tekstil dalam negeri,” kata Wiku saat memberi keterangan terkini ihwal penanganan Covid-19 di Graha Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Baca juga : Corona Jadi Krisis Global Terbesar Sejak Perang Dunia II

Wiku menerangkan bahan pengganti itu adalah polyester yang bisa digunakan berulang kali dengan dicuci secara benar. Ia mengimbuhkan bahan baku itu juga bisa digunakan untuk membuat APD tipe Gown medis. “Pertama jenis Gown terusan, kedua jenis Jumpsuit Cover All,”terangnya.

Ia menerangkan kapasitas produksi APD nasional sekitar 17 juta perbulan dengan bahan baku pengganti tersebut. Produksi APD saat ini, menurutnya, didukung paling sedikit 31 perusahaan tekstil dan 2.900 industri garmen nasional. Apalagi, ia mengimbuhkan, aturan perizinan produksi telah direlaksasi dan disepakati oleh kementerian perindustrian, Kementerian Kesehatan dan BKPM atau badan koordinasi penanaman modal.

“Seluruh produksi APD dipastikan untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri, sehingga seluruh tenaga medis kebutuhannya tercukupi dan keselamatan serta keamanannya terjaga,”tegasnya.

Tim pakar gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 bekerjasama dengan WHO Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perindustrian, Asosiasi Pertekstilan Indonesia, Asosiasi Serat dan Benang Silamen Indonesia, Perhimpunan Pengendalian Konveksi Indonesia, dan ahli teknik kimia dari ITB, untuk menentukan standar dan pemenuhan produksi APD, khsusunya Gown dalam negeri, yang selama ini bergantung dari impor dan jumlahnya terbatas untuk kebutuhan Indonesia.

Sebelumnya, Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan hingga saat ini, pemerintah telah mendistribusikan 300 ribu lebih APD ke seluruh wilayah di Indonesia untuk menunjang keselamatan tim medis dalam perawatan pasien Covid-19.

Yuri menuturkan hanya dengan APD yang benar dan berstandar tenaga kesehatan dapat menjalankan tugas dengan baik.

Sumber : Bisnis

Dahlan Iskan Memilih Lockdown atau Tidak Lockdown?

Previous article

Bulog DIY Antar Bahan Pokok hingga ke Rumah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health