Kota JogjaNews

Sultan : DIY Belum Akan Lakukan PSBB

0
UMP DIY 2024
Sultan HB X (Humas Pemda DIY)

STARJOGJA.COM, JOGJA – DIY belum akan lakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kepastian ini disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Sultan mengatakan Pemda DIY memastikan belum akan menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) laiknya daerah lain. Kebijakan ini dipilih karena DIY dirasakan belum memenuhi unsur PSBB.

DIY dinilai belum memenuhi syarat-syarat Permenkes tersebut, termasuk belum munculnya kasus positif corona yang diakibatkan transmisi lokal. Meski demikian, DIY tetap menyiapkan protokol penanganan COVID-19 untuk menghadapi lonjakan jumlah pemudik dan pendatang di DIY menjelang Ramadan dan Lebaran besok

“Dari hasil rapat forkominda [forum komunikasi pimpinan daerah], belum waktunya kita menyampaikan PSBB,” ujar Gubernur DIY Sri Sultan HB X dikutip dari video rilis yang disampaikan oleh Humas Jogja.

BACA JUGA : Menkes Setujui PSBB DKI Jakarta

Sementara, Sekda DIY Baskara Aji mengungkapkan, menurut bupati/wali kota, pada prinsipinya kriteria PSBB belum terpenuhi di lima kondisi di kabupaten/kota di DIY hingga saat ini. Maka dari itu, kebijakan tersebut memang belum akan diterapkan.

“Misalnya tingkat penyebaran dan transmisi lokal. Dengan adanya masukan dari kabupaten/kota, maka provinsi akan menyesuaikan hal itu karena kondisi ada di kabupaten/kota. Yang terjadi kan dari laporan kota/kabupaten, kasus [COVID-19] melandai,” ungkapnya.

Sesuai pasal 2 Permenkes Nomor 9 Tahun 2020, penetapam PSBB dilakukan bila di satu daerah terjadi peningkatan jumlah kasus secara bermakna dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, terjadi penyebaran kasus secara cepat di wilayah lain dalam kurun waktu tertentu dan ada bukti terjadi transmisi lokal.

Wuhan Resmi Cabut Lockdown, Warga Diperbolehkan Keluar Kota

Previous article

Dukung #DiRumahAja, Ini Promo BMW Astra

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja