Kab BantulNews

Pemkab Bantul Bekali Petugas Medis RS Lapangan Covid-19

0
Pasien Positif Covid-19 Bantul
foto : humas Bantul

STARJOGJA.COM– BANTUL. Pemkab Bantul Bekali Petugas Medis RS Lapangan Covid-19. Guna memberikan ketrampilan penanganan Pasien Dalam Pemantauan COVID-19, Pemkab Bantul Bekali SDM RS Lapangan COVID-19 Kabupaten Bantul.

Kepala Dinkes Kabupaten Bantul dr. Agus Budi Raharjo, M.Kes.,mengatakan kegiatan pembekalan operasional RS lapangan COVID-19 ini diikuti sebanyak 52 tenaga medis terpilih dari Puskesmas se-Kabupaten Bantul dan tenaga pendukung terpilih. Rencananya,  Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 yang berada di Sumbermulyo, Bambanglipuro ini akan mulai beroperasi mulai Senin 13 April 2020.

“ Rumah Sakit Lapangan harus ada karena, karena kapasitas di beberapa Rumah Sakit Umum tidak mencukupi lagi dan kewalahan menangani Pasien COVID-19, baik dari jumah SDM dan APDnya tidak cukup, “ terang Agus.

Ia mengatakan RS Lapangan ini hanya untuk merawat Pasien PDP Ringan, sehingga konsentrasi APD bisa dilokalisir. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bantul tidak mungkin akan bisa tanpa mempertimbangkan keamanan petugas, bagaimanapun juga keamanan petugas nomor satu, dan keselamatan masyarakat menjadi tujuan didirikannya rumah sakit lapangan ini.

“Petugas medis dan pendukung di Rumah Sakit Lapangan ini merupakan orang-orang pilihan, dipandang mampu merawat pasien PDP COVID-19. Petugas tentunya akan kami bekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang cukup,” tegasnya.

Agus mengatakan mereka juga akan diberikan perlindungan berupa kompensasi kerja. Besaran kompensasi untuk dokter spesialis Rp. 15.000.000,- per bulan dokter umum sebesar Rp.10.000.000,- per bulan, Perawat/Bidan Rp.7.500.000,- per bulan dan tenaga kesehatan lain sebesar Rp.5.000.000,- perbulan, dengan Surat Tugas langsung dari Bupati Bantul.

“ Jadi jangan khawatir, sebetulnya pasien itu boleh dirawat di rumah tetapi dirawat oleh petugas medis Rumah sakit lapangan, bukan anak-anak, bukan ibu hamil, “ kata Agus.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis, M.M. pada kesempatan itu mengharapkan para petugas medis dan tenaga pendukung untuk bekerja sungguh-sungguh penuh keikhlasaan dan sesuai standar pelayanan perawatan COVID-19, petugas ini merupakan benteng Kabupaten Bantul dari ancaman Virus Corona.

“ Di rumah sakit lapangan ini, untuk menjaga kenyamanan pasien dan petugas medis, disediakan WIFI Gratis dan ber – AC, agar pasien bisa terhibur dengan mengakses informasi melalui perangkat genggamnya, adapun pembangunan atau rehab bangunan rumh sakit ini baru berjalan 80% insya Allah, Minggu depan kita resmikan, “ tutur Helmi Jamharis.

Ini Alasan Vanessa Angel Dijemput Paksa Polisi

Previous article

Inventor India Buat “Mobil Virus Corona”

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul