Health

Pasien Corona Meninggal Amerika Tertinggi di Dunia

0
Pasien Covid-19 Jamaah Tabligh
Simulasi penanganan virus corona di Bandara Adi Soemarmo, Jumat (7/2/2020). (Istimewa/PT AP I Bandara Adi Soemarmo Solo)

STARJOGJA.COM, Info – Pasien terinfeksi virus Corona yang meninggal dunia di Amerika Serikat melampaui Italia. Angka ini membuat AS menjadi negara dengan angka kematian terkait Covid-19 tertinggi di dunia.

Menurut data yang dikumpulkan John Hopkins University, kematian pasien Covid-19 di AS mencapai 20.604 orang, per Minggu (12/4/2020) pukul 10.30 WIB. Italia, yang sebelumnya mencatat angka kematian tertinggi, pada periode yang sama, melaporkan 19.468 orang.

Angka kematian di AS naik dalam beberapa waktu terakhir karena lebih banyak negara bagian melaporkan data. Mengutip Bloomberg, Minggu (12/4/2020), angka kematian tersebut menjadi bukti kegagalan pemerintah melakukan tes massal dan mengimplementasikan jarak sosial masyarakat.

Baca Juga : Kasus Terpapar Virus Corona di Amerika Serikat Tertinggi

Sejumlah wilayah di AS belum melaksanakan karantina. Hal ini menciptakan peluang untuk penyebaran yang lebih luas di tempat-tempat yang belum menjadi titik panas seperti di New York dan Detroit.

Kendati demikian, jumlah kematian di AS yang lebih tinggi dibandingkan Italia sejalan dengan jumlah penduduk Negeri Paman Sam yang juga lebih banyak. Total populasi AS sekitar330 juta orang, sedangkan Italia 60 juta orang.

AS sesungguhnya memiliki lebih banyak waktu untuk bersiap dibandingkan Italia. Pada 26 Februari 2020, Italia memberlakukan karantina pada sejumlah wilayah yang telah terpapar virus.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump dalam konferensi pers justru mengatakan bahwa situasi di negaranya sangat terkendali. “Hanya ada 15 kasus virus Corona di seluruh negeri,” ujar Trump saat itu.

Sebelumnya Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengkritik AS dan China karena sempat saling menyalahkan atas penyebab pandemi virus Corona.

Kedua negara tersebut seharusnya menunjukkan kepemimpinan yang jujur agar korban Covid-19 tidak terus bertambah, kata Dirjen WHO pada akhir pekan lalu.

Sumber : Bisnis.com

Ternyata Virus Corona Menyebar di Korea Utara

Previous article

Tagana Dampingi ODP karena Ditolak Warga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health