Flash Info

PGI Usul Gereja Bisa Jadi Isolasi Corona

0
libur paskah di rumah
polisi amankan gereja menjelang paskah (JIBI)

STARJOGJA.COM, Info – Persatuan Gereja Indonesia (PGI) mengusulkan agar gereja yang kosong dan tidak dipakai, digunakan sebagai tempat isolasi dan karantina bagi penderita virus corona (Covid-19).

Hal itu disampaikan Sekretaris Umum PGI Jacky Manuputty dalam konferesi di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana Minggu (12/4/2020).

Menurut dia gereja harus siap apabila memang hal tersebut dibutuhkan. Dia menjelaskan berdasarkan sejarah, gereja di era kekristenan awal, ikut andil dalam menghadapi wabah, sebagai bentuk pelayanan kasih.

“Gereja bisa menyiapkan gedung gereja yang saat ini kosong dan tidak dipakai, untuk dipakai sebagai tempat isolasi bagi mereka yang terpapar corona bilamana hal itu layak dan dibutuhkan,” kata Jacky, Minggu (12/4/2020).

Dia mengatakan Gereja juga harus siapa dalam upaya penanggulangan dampak dari pandemi virus corona (Covid-19) salah satunya kemerosotan ekonomi. Dia menekankan gereja harus menerapkan diakonia berbasis keluarga, yang kuat membantu yang lemah.

“Apapun latar belakang dan perbedaannya. kalau gereja harus menderita karena membela kehidupan inilah saatnya panggilan penderitaan yang harus dijalani dengan iman yang selalu terarah kepada kristus yang menderita mati dan dibangkitkan,” kata Jacky.

Selain itu Jacky juga mengajak seluruh umat Nasrani menggalang solidaritas melalui upaya kreatif di tengah Covid-19 yang mewabah saat perayaan Paskah 2020. Dia mengatakan semangat itu sejalan dengan tema Paskah tahun ini, ‘Kebangkitan Kristus Membawa Harapan Baru’.

“Tema ini dirumuskan dari Injil Lukas Pasal 24 ayat 5 dan 6 berbunyi ‘mengapakah yang hidup di antara orang mati Dia tidak ada di sini, Dia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakanNya kepada kamu ketika Dia masih di Galilea’,” tuturnya.

Sumber : Bisnis

Ketua PBNU Menghormati Jenazah Covid-19

Previous article

22.000 Petugas Kesehatan di 52 Negara Terkena Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info