Health

Ternyata Virus Corona juga Menyerang Tubuh ini

0
selter covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, Info – Dari kasus-kasus pertama virus corona yang dilaporkan di China, diketahui bahwa virus corona atau covid-19 menyerang. Tetapi sekarang, dokter melihat pasien dengan gejala parah menunjukkan terjadi kerusakan lain di sekitar tubuh mulai dari ginjal hingga jantung.

“Walaupun paru agak terbebani, karena kekebalan kita sangat rendah terhadap virus corona, sebenarnya paru bisa bergerak dan bersirkulasi di seluruh tubuh kita,” kata Dr. Eric Cioe-Peña, dokter ruang gawat darurat dan direktur kesehatan global di Northwell Health di New York yang juga ikut memimpin rumah sakit perawatan coronavirus di fasilitas psikiatris South Beach di Staten Island, dikutip dari Livescience.com, Senin (20/4/2020).

Dia menjelaskan perjalanan masuknya virus corona memasuki tubuh melalui saluran pernapasan melalui mulut atau hidung dan masuk ke paru. “Sehingga untuk menginfeksi seseorang, ia perlu mengikat enzim yang ditemukan di permukaan sel pernapasan,” kata Cioe-Peña.

Tetapi begitu virus corona benar-benar ada dalam tubuh, ia dapat masuk ke aliran darah, dan dari aliran darah, SARS-CoV-2 dapat melakukan perjalanan dan menyerang, organ-organ lain.

Baca Juga : Sangat Menular, Limbah Medis Virus Corona harus Dibakar

Dalam mengobati pasien Covid-19 yang parah di ruang gawat darurat, Cioe-Peña telah melihat pasien terjangkit miokarditis virus, atau infeksi otot jantung. Ketika salah satu pasiennya dengan Covid-19 mengalami kematian jantung mendadak, atau kematian mendadak yang disebabkan oleh masalah jantung, itu biasanya dari infeksi di sekitar jantung, tambahnya.

Masalah jantung telah dilaporkan pada pasien Covid-19 sebelumnya. Lebih dari 1 dari 5 pasien mengalami kerusakan jantung akibat Covid-19 di Wuhan menurut satu studi kecil yang diterbitkan 27 Maret dalam jurnal JAMA Cardiology.

SARS-CoV-2 dapat menyusup ke jantung dan paru-paru, karena mereka masing-masing mengandung sel-sel yang ditutupi dengan protein permukaan yang dikenal sebagai angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2), yang berfungsi sebagai pintu gerbang bagi virus untuk memasuki sel.

Organ-organ lain juga mengandung enzim ini. Saluran gastrointestinal (GI), misalnya, memiliki banyak enzim ini dan diperkirakan bahwa virus mungkin masuk ke organ lain dengan cara yang sama. Beberapa pasien yang tidak memiliki gejala pernapasan malah mengalami gejala saluran pencernaan, yang berarti bahwa virus telah menyusup ke usus kecil mereka dan kadang-kadang usus besar.

Baca Juga :

“Dan kemudian kita melihat peningkatan enzim hati, Ketika sel-sel hati mati, mereka menumpahkan enzim mereka ke dalam aliran darah. Kadang-kadang pasien juga mengalami gagal ginjal,” katanya

Sementara beberapa kerusakan organ adalah akibat dari virus yang secara langsung menyerang sel-sel, sistem kekebalan. Badai sitokin dimana sepasukan sel-sel kekebalan dilepaskan ke dalam aliran darah dan kemudian menyerang jaringan sehat di seluruh tubuh yang menyebabkan cedera paru-paru yang parah dan juga dapat menyebabkan kegagalan sistem multi-organ.

Tidak jelas mengapa beberapa orang memiliki respon imun yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain, tetapi beberapa orang mungkin secara genetis rentan terhadapnya, Dr. Erin Michos, direktur asosiasi kardiologi preventif di Fakultas Kedokteran Johns Hopkins badai sitokin semacam itu bahkan dapat mempengaruhi otak, dan beberapa pasien Covid-19 mungkin masalah di otak.

Terlebih lagi, kehilangan bau dan rasa baru-baru ini telah ditambahkan ke daftar kemungkinan gejala Covid-19, yang dapat menunjukkan bahwa coronavirus mungkin dapat menyerang sistem saraf dan bagian otak yang bertanggung jawab untuk indera penciuman.

Karena saat ini tidak ada obat atau perawatan khusus untuk virus korona, perawatan di rumah sakit melibatkan perawatan suportif untuk organ yang terkena.

Tidak semua berita buruk. Dalam kasus yang sangat, sangat parah, kemungkinan ada beberapa kerusakan permanen, tetapi petugas medis telah melihat bukti orang yang berhasil sembuh total. Bahkan dengan pneumonia multifokal, atau pneumonia yang mempengaruhi lebih dari satu bagian paru-paru.

“Kami melihat banyak foto rontgen dada dan pemindaian paru-paru kembali normal, jadi bagi kebanyakan orang, organ-organ akan pulih, selama Anda selamat dari infeksi. Itu bahkan berlaku pada pasien dengan kerusakan jantung, organ yang tidak kompeten dalam regenerasi seperti yang lain.”

Cioe-Peña mengatakan bahwa setiap virus baru yang menyerang manusia bisa merajalela di dalam tubuh karena sistem kekebalan tubuh kita belum melihat yang serupa.Begitu individu mengembangkan kekebalan terhadapnya, keterlibatan multi-organ akan menjadi kurang umum.

Masih belum diketahui berapa banyak kekebalan yang dimiliki orang yang telah pulih dari virus. Tetapi bahkan jika mereka tidak mendapatkan kekebalan penuh, selamat dari infeksi sekali kemungkinan akan berarti seseorang memiliki infeksi yang kurang parah dengan keterlibatan multi-organ yang kurang untuk kedua kalinya.

Sumber : Bisnis

Purbayan Dibentuk jadi Kampung Tangguh Covid-19

Previous article

Kasus Baru Pasien Positif Covid-19 ada 185 Orang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health