Health

Alasan Tujuh Laboratorium Bekerja di Bawah Performa

0
parasetamol bervirus
ilustrasi - Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona untuk penelitian di Laboratorium Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya di Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (6/2/2020). - ANTARA FOTO/Umarul Faruq

STARJOGJA.COM, Info – Tujuh laboratorium jejaring Kementerian Kesehatan untuk pemeriksaan spesimen Covid-19 yang bekerja di bawah performa. Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan tujuh laboratorium itu tersebar di Surabaya, Palembang, dan Jakarta.

“Bukan berhenti beroperasi, hanya bekerja di bawah performa biasanya, karena kelambatan pasokan reagen,” ujarnya melalui pesan tertulis kepada Bisnis di Jakarta pada Selasa (21/4/2020).

Reagen adalah bahan kimia yang digunakan dalam suatu reaksi kimia dalam hal ini pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi virus SARS-CoV-2 (Covid-19).

Baca Juga : Dua Laboratorium UGM Bantu Pencegahan Virus Corona

Untuk yang berlokasi di Jakarta, dia menyebutkan dua laboratorium yang bekerja di bawah peforma adalah Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL).

Meski demikian, dia mengutarakan besok ketujuh laboratorium jejaring tersebut akan kembali beroperasi seperti biasa. “Besok sudah on lagi.”

Seperti diberitakan sebelumnya, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI Jakarta mengaku dalam kondisi kelangkaan reagen untuk tes Covid-19.

Kepala Labkesda DKI Endra Muryanto pun berharap pemesanan reagen yang dilakukan pemerintah pusat terus berjalan ke depannya.

“Reagen memang paling urgen, karena sekarang itu mau alat, reagen, itu inden semua. Mereka [distributor] sudah sampai bilang tidak sanggup, janji saja ada pada Juni. Tapi, kan lama sekali, belum ada kepastian juga,” ujarnya ketika dikonfirmasi Bisnis pada Selasa (21/4/2020).

Beruntung, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendapat 50.000 reagen dari Korea Selatan yang didistribusikan ke seluruh laboratorium jejaring Kementerian Kesehatan untuk tes Covid-19 seluruh Indonesia.

Sumber : Bisnis

 Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Tingkatkan PCR

Previous article

Belajar dari Korea Selatan Soal Pemilu di Tengah Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health