Pendidikan

Dua Laboratorium UGM Bantu Pencegahan Virus Corona

0
BOR Yogyakarta
Dua laboratorium UGM (humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Apabila kasus konfirmasi lebih cepat terdeteksi, maka tindakan isolasi dapat segera dilakukan. Namun begitu selama ini peneguhan diagnosis hanya mengandalkan  laboratorium terpusat di Jakarta. Seiring jumlah sampel pemeriksaan bertambah semakin banyak, diperlukan laboratarium jejaring baru untuk penegakan diagnosis di daerah. Dua laboratorium yang ada di Kampus UGM yakni laboratorium Mikrobiologi dan laboratorium Yayasan Tahija The World Mosquito Program (WMP) yang ada di FKKMK UGM difungsikan untuk membantu penegakan diagnosis Covid-19.

Dosen FKKMK UGM dr. Eggi Arguni, M.Sc., Ph.D., Sp.A mengatakan dua laboratorium di UGM tersebut sudah digunakan deteksi Covid-19 sejak akhir pekan lalu. Dibantu dokter dan 13 staf teknisi lab yang didedikasikan untuk kedua lab tersebut.

“Kita menguji sampel pasien yang berasal dari rumah sakit, sejak jumat pekan lalu kita menerima sampel dari RS UGM,” katanya kepada wartawan, Kamis (9/4).

Menurut Eggi sudah ada Surat Keputusan (SK) dari Kemenkes yang menunjuk laboratorium jejaring untuk pemeriksaan COVID-19. Di Propinsi DIY sendiri, sudah ditunjuk RSUP Dr Sardjito dan RS UGM.

Baca Juga : Tanggani Covid-19, DIY Tambah 2 Laboratorium

“Untuk RS UGM sendiri, laboratorium yang digunakan adalah lab mikrbiologi dan lab diagnostik Yayasan Tahija WMP tersebut,” katanya.

Penunjukan laboratorium jejaring ini maka peneguhan diagnosis pasti Covid-19 tidak lagi menunggu hasil uji lab dari pusat untuk uji PCR. Sebab dengan satu laboratorium di pusat untuk menguji sampel seluruh Indonesia, maka waktu tunggunya akan menjadi sangat panjang.

“Adanya laboratorium jejaring di DIY akan mempercepat hasil diketahui. Apalagi diagnosis pasti infeksi COVID-19 harus dilakukan dengan PCR bukan rapid test,” ujarnya.

Untuk peneguhan diagnosis pasti Covid-19 diperlukan uji pemeriksaan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) berasal dari sampel usapan (swab) nasofaring atau bagian dalam hidung dan orofaring (bagian dalam mulut dan tenggorokan).

“Dari usapan ini akan di tes PCR untuk mencari virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan infeksi COVID-19,” urainya.

Setiap perguruan tinggi menurutnya memiliki kompetensi untuk melakukan pemeriksaan dengan metode PCR. Namun demikian laboratorium yang melakukan pemeriksaan ini harus minimal berlevel BSL-2.

“Tidak bisa lab biasa,” ujarnya.

Namun demikian, imbuhnya, setiap pemeriksaan sampel pasien terduga Covid-19 tidak menutup kemungkinan para tenaga laboratorium juga berisiko tertertular apabila standar prosedur pemeriksaan tidak dilaksanakan.

“Karenanya kita harus menggunakan APD lengkap. Sudah ada prosedur biosafety yang kami terapkan dalam lab,” katanya.

Ia mengakui kemungkinan terinfeksi tetap ada dalam setiap pekerjaan yang berhubungan agen infeksius. Pihaknya selalu mematuhi SOP dan biosafety, sehingga kemungkinan risiko tertular dapat dihindari.

“Hingga saat ini kita sudah menerima sampel dari RS UGM sejak Jumat minggu lalu. Kita sudah mulai melakukan uji PCR,” katanya.

Ernest Prakasa Kenang Musisi Indonesia Glenn Fredly

Previous article

Lagu Kasih Putih Sebelum Glenn Fredly Dimakamkan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan