Kota JogjaNews

Tanggani Covid-19, DIY Tambah 2 Laboratorium

0
parasetamol bervirus
ilustrasi - Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona untuk penelitian di Laboratorium Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya di Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (6/2/2020). - ANTARA FOTO/Umarul Faruq

STARJOGJA.COM, JOGJA – Guna mempercepat proses pemeriksaan terhadap sampel swab pasien covid-19 DIY menambah dua laboratorium uji swab pasien covid-19.

Kedua laboratorium tersebut yaitu Laboratorium RSA UGM dan RSUP Sardjito. Dengan bertambahnya 2 laboratorium tersebut berarti DIY saat ini sudah memiliki tiga laboratorium. Sebelumnya adalah aboratorium BBTKLPP Yogyakarta.

“Mulai kemarin itu, untuk laboratorium tambah dua, yaitu RSUP Sardjito dan RSA UGM dan BBTKLPP. Jadi tiga, harapan saya bisa lebih cepat tidak terlalu lama lagi. Kalau APD dan sebagainya kita punya stok, saya kira tidak ada masalah. Termasuk bagaimana mereka bisa terlindungi tidak hanya dari pakaian tetapi juga kemungkinan ditolak masyarakat, kami sediakan di Gedung Pusdiklat Baciro,” kata Sri Sultan HB X, tulis Harianjogja.com, Kamis (9/4/).

Baca juga : Puskesmas Punya Peran Penting Skrining Covid-19

Sementara itu menurut Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menambahkan kedua laboratorium rumah sakit tersebut mulai memeriksa sampel swab pasien Covid-19 sejak Selasa (7/4/2020) sore.

“Mulai kemarin sore [Selasa sore sudah beroperasi], semoga nanti begitu UGM dan Sardjito ini bisa, saya kira kita lebih cepat mendapatkan hasil, kalau BBTKLPP ini untuk DIY dan Jawa tengah. Kalau UGM dan Sardjito untuk DIY. Sekarang sudah tersedia tiga laboratorium,” ujarnya.

Aji menyatakan untuk laboratorium BBTKLPP Yogyakarta sendiri kapasitas seharinya antara 100 hingga 150 sampel, sedangkan RSA UGM dan RSUP Sardjito masing-masing 150 sampel. “Untuk keperluan reagen saat ini sudah tersedia di kedua laboratorium tersebut,” ujarnya.

Bayu

Tertarik Dengan Coutinho, Chelsea Siapkan Rp 1,4 Triliun

Previous article

Oxfam Sebut Setengah Miliar Orang Rentan Miskin Akibat Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja