NewsNusantara

Awas! 76 Persen Kasus Covid-19 Tanpa Gejala

0
penyintas omicron
Tes Covid-19

STARJOGJA.COM, JAKARTA. 76 Persen Kasus Covid-19 Tanpa Gejala. Ketua Pelaksana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo membeberkan setidaknya terdapat 76 persen Orang Tanpa Gejala (OTG) terinfeksi Covid-19 di Indonesia.

“Angka 76 Persen Kasus Covid-19 Tanpa Gejal berasal dari riset yang dilakukan oleh sejumlah pakar epidemiologi. Kelompok ini didominasi oleh orang-orang muda yang memiliki mobilitas tinggi. Tanpa disadari mereka sebenarnya pembawa virus,” kata Doni di dalam Pembukaan Musrenbangnas 2020 secara virtual, Jakarta, pada Kamis (30/4/2020).

Menurut dia, memisahkan kelompok muda dari kelompok yang rentan adalah salah satu cara efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Adapun Kelompok rentanadalah masyarakat dengan riwayat penyakit penyerta seperti hipertensi, diabetes, kanker maupun asma.

“Selain itu kelompok masyarakat yang lanjut usia juga rentan, sehingga mereka harus dipisahkan saat ini dengan kelompok yang lebih muda seperti anak dan keponakannya,” kata dia.

Pemerintah mencatat penambahan kasus baru pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, sebanyak 260 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 9.771 kasus.

Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan data tersebut diperoleh hingga Rabu (29/4/2020).

Menurutnya, data terbaru itu dihimpun dari seluruh rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di seluruh Indonesia. Penambahan kasus positif Covid-19 itu diperoleh dari hasil pemeriksaaan polymerase chain reaction (PCR).

“Maka, total pasien yang positif kini yang telah terkonfirmasi menjadi 9.771 kasus,” jelas Yuri, sapaan Yurianto, dalam konferensi pers, Rabu (29/4/2020).

700.000 Orang Masuk Jateng Sebelum Larangan Mudik

Previous article

Kasus Virus Corona di Arab Saudi Capai 21 Ribu Kasus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News