Kota JogjaNews

DIY Diminta Serius Tangani Transmisi Lokal

0
varian delta juni

STARJOGJA.COM.JOGJA – Pemda DIY Diminta Serius Tangani Transmisi Lokal Corona. Adanya transmisi lokal penularan covid-19 di DIY harus segera diikuti langkah pencegahan massif dan serius.

Huda Tri Yudiana, Wakil Ketua DPRD DIY menilai saat ini pemda belum mengambil tindakan signifikan terkait upaya pencegahan adanya transmisi lokal/

“Saat ini belum ada perubahan tindakan yang signifikan terkait tindakan pencegahan apabila dibandingkan ketika belum terjadi transmisi lokal.Langkah dan kebijakannya masih umum umum dan sama saja, padahal kondisinya sudah sangat berbeda,” kata Huda kepada starjogja.com, Jumat (08/05).

Tempat-tempat umum tetap saja ramai dan tidak teratur dalam prosedur tetap (protap) pencegahan. Ia mencontohkan, beberapa pasar tradisional maupun modern ramai sekali dan minim pelaksanaan protab pencegahan.

Banyak warga tidak pakai masker, tidak jaga jarak, dan tidak mematuhi protokol penanggulangan Covid-19, seolah tidak ada apa apa.Petugas juga jarang terlihat di tempat-tempat yang ramai tersebut untuk ingatkan warga agar taat protap.

“Kita tidak boleh panik itu betul, tapi kehilangan kewaspadaan itu membahayakan,” tegas Huda.

Ia mengatakan apa yang terjadi di satu pusat perbelanjaan di Sleman cukup menjadi pelajaran. Dia khawatir hal serupa akan menjalar ke tempat lain bila tidak ada pencegahan masif.

“Jika sudah sangat tidak terkendali penyebaran dan tidak bisa lagi ditracing, kita akan sangat terpaksa melakukan PSBB,” lanjut dia.

Dia menyebut, saat ini sebenarnya sudah memenuhi syarat Pembatasan Sosial Berskala Besar di DIY. Namun, jalan ini sangat berat resikonya pada warga, terutama dari sisi perekonomian. Selain itu, berat lagi dari sisi anggaran daerah karena warga terdampak yang kurang mampu harus dicukupi kebutuhan hidupnya.

“Kami minta gugus tugas segera bertindak cepat dan menyadari saat ini kondisi berbeda dibanding dulu. Tindakan dan pola kerja juga harus berbeda,” kata dia menyimpulkan kinerja Gugus Tugas Penanganan Covid 19 di DIY,” pintanya.

Asyik PUBG Season 13 Dirilis Hari ini, Liat Fiturnya

Previous article

Korban Tewas di Level Global Bisa 270.302 Orang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja