Health

Farmasi Swiss Ikut Ramaikan Vaksin Covid-19

0
pengakuan disuntik vaksin
relawa Elisa Granato diuji coba suntik vaksin virus corona(Istimewa)

STARJOGJA.COM, Info – Industri farmasi sedang ramai dan bergairah karena Covid-19. Termasuk farmasi asal Swiss yang ikut meramaikan penemuan Vaksin Covid-19.

Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad mengatakan, indutri farmasi di negara itu tengah berlomba untuk menciptakan vaksin. Muliaman menjelaskan, kini setidaknya ada 7 hingga 8 bakal calon vaksin produksi perusahaan-perusahaan Swiss yang potensial untuk dikembangkan dan diproduksi massal.

“Kita berharap akhir tahun sudah ada vaksin, dengan demikian akan membangun confidence dunia usaha,” kata Muliaman saat berbincang di Instagram Live @Bisniscom, Senin (8/6/2020).

Baca Juga : Indonesia Targetkan Vaksin Covid-19 Selesai Akhir Tahun

Sementara itu, mengenai kondisi ekonomi setelah lockdown dilonggarkan dan jumlah kasus melandai, Muliaman mengatakan pemulihan baru akan dirasakan paling tidak pada tahun depan.

Itu pun dengan catatan jika tidak terjadi gelombang kedua pandemi setelah banyak negara membuka karantina secara bersamaan untuk memacu kinerja ekonomi.

Oleh karena itu, dia menegaskan keberadaan vaksin menjadi sangat krusial untuk mengatasi pandemi dan memulihkan ekonomi.

Baca Juga : 2 Positif Corona di DIY Dirawat di Kota Jogja dan Bantul

“Kalau kemudian tidak tercapai dan second wave terjadi, saya kira akan menganggu sektor penerbangan dan ekonomi. Pada saatnya nanti akan disesuaikan,” ujarnya.

Swiss sendiri diketahui memiliki perusahaan obat ternama di dunia a.l. Roche dan Novartis.

Sumber : Bisnis

RSA UGM Jadi Rujukan Pasien Covid-19

Previous article

Kasus positif Covid-19 Indonesia di Angka 32.033

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health