Pendidikan

UGM Peringkat Kampus Terbaik 254 di Dunia

0
Gedung GIK UGM
Gerbang UGM (humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Setiap tahun lembaga pemeringkat unversitas dunia Quacquarelli Symonds (QS) melakukan tugas pemeringkatannya. Tahun ini QS World University Ranking 2021 menegaskan posisi UGM di peringkat 254 atau naik 66 peringkat dari 320 kampus di dunia.

Peringkat kali ini merupakan pertama kali UGM berhasil menembus peringkat 300 besar dunia sejak tahun 2014. Dengan hasil ini maka UGM menjadi universitas terbaik di Indonesia menurut perangkingan QS yang diumumkan Rabu (10/6/2020).

Rektor Universitas Gadjah Mada, Profesor Panut Mulyono, menyambut baik kinerja seluruh pihak di UGM. Meski pun ranking bukan tujuan utama yang dikejar, namun capaian itu, kata dia, sebagai prestasi yang sangat membanggakan bagi UGM.

“Hasil ini membuktikan kepada dunia bahwa UGM mampu bersaing secara global. Capaian ini merupakan hasil kerja keras semua pemangku kepentingan,” kata Panut, Rabu (10/6/2020).

Baca Juga : UGM Peringkat 3 Kampus Hijau Terbaik Indonesia

Adapun pemeringkatan QS ini didasarkan pada enam kriteria utama, yaitu academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty-students ratio, international faculty, dan international students.

Sejak 2010 QS melakukan perankingan terhadap universitas dunia dan secara konsisten UGM masuk dalam jajaran top universities dengan kenaikkan ranking yang konsisten. UGM menduduki posisi 551-600 dunia pada 2015. Ranking UGM terus naik dalam periode lima tahun terakhir hingga melompat ke peringkat 254 dunia.

UGM melakukan perbaikan di sisi internal, mulai dari program courses untuk mahasiswa asing, meningkatkan jumlah pengajar, mendorong penelitian, hingga membangun kerja sama yang baik dengan berbagai mitra dalam negeri maupun luar negeri.

Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Profesor Indra Wijaya, menilai hasil yang menggembirakan ini merupakan kerja keras berbagai pihak. Kualitas akan terus ditingkatkan mengingat persaingan ke depan akan semakin ketat.

“Prestasi ini akan memacu UGM untuk terus melakukan perbaikan di segala aspek agar semakin baik di kancah global,” ucapnya.

 

Sumber : Harianjogja

Bayu

Apa Bahaya dari Toxic Financialship

Previous article

Industri Penerbangan Kargo Dapat Berkah dari Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan