Kota JogjaNews

Canthelan Sayur, Aksi Berbagi Warga Gondokusuman

0
cantelan sayur

STARJOGJA.COM, JOGJA – Canthelan Sayur, Aksi Berbagi Model Gotong Royong Warga Gondokusuman. Ini adalah bagian dari upaya masyarakat untuk bergotong royong saling bantu sesama yang membutuhkan saat pandemi Covid-19.

Harjono, inisiator aksi berbagi sayur mayur lewat canthelan sayuran ini menjelaskan lewat gotong royong pihaknya membuat tempat canthelan sayuran siap olah yang bisa diambil oleh siapa saja yang membutuhkan.

“Canthelan itu tujuannya utk bergotong royong membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 secara ekonomi yg sampai hari ini masih dirasakan masyarakat,” kata Harjono.

Aksi berbagi lewat canthelan sayur ini berjalan baik sejak awal Juni 2020 dengan sumbangan sayuran spontanitas dari warga.

Diawali dengan membuat canthelan atau tempat gantung sayuran di depan rumahnya, banyak respon positif ternyata banyak donatur yang rutin berbagi sayuran aneka jenis tiap hari. Termasuk beberapa alumni SMAN 6 Yogyakarta dan mereka yang bekerja di luar kota turut memberikan donasi.

Lokasi canthelan di ruas jalan yang dilewati warga ini tidak jauh dari oasar Terban dan biasa dilalui oleh warga dari 4 RW. Setiap orang yang merasa membutuhkan bisa memgambil sayuran, syaratnya boleh ambil satu paket saja agar bisa berbagi dengan warga yang lain.

“Setiap hari kami bikin paket sebanyak 10 paket mulai dari 8 Juni rencana sampai akhir Juli 2020 ini. Donasi datang dari teman-teman alumni juga mereka yang kerja di luar kota, ada yang menyumbang Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribuan,” kata Harjono yang juga menjadi Ketua PAC PDI Perjuangan Gondokusuman.

Inisiator canthelan sayur ini mengakui rupanya respon masyarakat yang ingin menjadi donatur cukup baik. Bentuk partisipasi ada warga yang buat paket sendiri lalu langsung dicanthelkan, ada juga yang kirim sayuran, juga sembako.

“Kita tinggal masukkan ke kantong plastik trus kita canthelke. Donatur nya semua warga masyarakat yang ingin ikut bergotong royong Nyanthelke, jadi kami tidak meminta bantuan kami cuma mengawali dan ingin agar dimasyarakat tumbuh kegotongroyongan. Alhamdulillah berhasil bertahan sampai hari ini karena partisipasi warga” kata Harjono.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta mengapresiasi inisiatif warga dengan aksi canthelan sayuran ini.

 

Sastrawan Sapardi Djoko Damono Meninggal

Previous article

Angka Kematian Covid-19 Indonesia Tembus Rekor Harian

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja