Kota JogjaNews

UT Pionir Pembelajaran Jarak Jauh

0
Pionir Pembelajaran Jarak Jauh

STARJOGJA.COM, JOGJA – Universitas Terbuka (UT) merupakan pionir pembelajaran jarak jauh. Jauh sebelum perguruan tinggi lainnya menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh secara daring atau online, Universitas Terbuka sudah melakukannya. Sistem belajar terbuka dan jarakjauh memungkinkan mahasiswa belajar tanpa sekat ruang kelas serta tidak terkendala tempat dan waktu.

Anto Hidayat, S.IP., M.Si , Direktur UT Yogyakarta mengatakan UT merupakan PTN ke-45 yang menjadi pionir pembelajaran jarak jauh dan terbuka . Cara pendidikan ini diakui dan menjadi bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional.

Selama ini Universitas Terbuka telah menjadi mitra strategis pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Terutama dalammemberikan kesempatan bagi masyakarat untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi.

Ia mengatakan Kepercayaan masyarakat terus meningkat dari tahun ke tahun yang terlihat dari semakin banyaknya jumlahmahasiswa yang mendaftarkan diri.

“Selain biaya yang terjangkau dan mudah diakses oleh siapapun, kualitasnya pun terjamin,” kata dia.

Tidak seperti perguruan tinggi reguler yang membatasi tahun angkatan lulus calon mahasiswa, UT terbuka untuk lulusan SLTA sederajat tanpa batasan tahun kelulusan dan tanpa batasan usia. UT terus mengembangkan proses belajar jarak jauh mengikuti perkembangan teknologi. Di awal, proses belajar dilakukan melalui korespondensi, beralih ke telepon, televisi, multimedia, kini lebih interaktif melalui media internet.

Sementara itu, Drs. Musiran, M.Pd, Manajer BBLBA UT Yogyakarta mengatakan pembelajaran dilakukan dengan modul cetak ataupun noncetak. Di masa pandemi saat ini, pihaknya mengembangkan pendidikan melalui tutorial di webdinar dan juga tutor via online (tuton).

UT memiliki Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UT juga memiliki program pasca sarjana, program doktoral serta program sertifikat. Pendaftaranonline bisa melakui sia.ut.ac.id.

Wuling Luncurkan Mobil Listrik, Harganya Tidak Sampai 100 Juta

Previous article

Bahagia Menjadi Kunci Cara Hadapi Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja