Techno

Dapat Pesan Aneh di WhatsApp Hati-Hati

0
Chat Lock whatsapp
logo whatsapp

STARJOGJA.COM, Info – Hati-hati jika ketika menerima pesan di WhatsApp dapat menyebabkan error atau macet. Pesan di WhatsApp itu mengandung karakter dalam bahasa asing yang tidak dapat diproses nantinya ketika diklik.

Dikutip melalui Moneycontrol, masalah ini sebenarnya telah ada selama bertahun-tahun, tetapi baru-baru ini telah memengaruhi sejumlah pengguna. Saat pengguna menerima rangkaian pesan khusus ini di WhatsApp, aplikasi akan berhenti beroperasi dalam kurun waktu tertentu.

Namun, jika pengguna mencoba untuk memaksa menutup dan membuka kembali aplikasi, peluang terbesar adalah tidak memberikan dampak sehingga aplikasi masih akan alami macet atau hang.

Baca Juga : Enam Kerawanan WhatsApp Diungkap

Selain itu, gangguan yang juga disebut WABetaInfo sebagai ‘pesan menakutkan’ ini juga berada dalam bentuk kartu virtual (vCard). Saat pengguna membuka kartu, pengguna dapat memverifikasi bahwa mungkin ada 100 kontak terkait akan gangguan tersebut.

Setiap kontak memiliki nama aneh yang sangat panjang, yang berisi kode kerusakan. Terkadang vCard juga diubah, dan menyuntikkan sesuatu yang disebut Payload yang makin memperburuk situasi.

“Jika Anda menerima pesan menakutkan, Anda harus mencoba memblokir kontak dari WhatsApp Web. Selanjutnya, setel pengaturan privasi grup Anda ke Kontak Saya atau Kontak Saya kecuali dan hapus pesan yang berisi kode kerusakan, jika memungkinkan menggunakan WhatsApp Web,” tulis moneycontrol seperti yang dikutip Bisnis.com, Selasa (8/9/2020).

Selain itu, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk membantu melindungi pengguna dari kode kerusakan ini.

“Meskipun ini bukan bentuk keamanan yang dijamin, tetapi sebaiknya batasi siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup karena ini akan membantu mengurangi risiko terekspos ke orang asing yang mungkin berbagi pesan atau vCard berbahaya dengan Anda,” tulisnya.

Adapun pengguna juga dapat membuka pengaturan WhatsApp, kemudian membuka bagian ‘Privasi’ dan ubah pengaturan ‘Grup’ sehingga hanya kontak pengguna yang dapat menambahkan mereka ke grup.

 

Sumber : Bisnis

PUB Saat Pandemi Covid-19 Boleh, Asal…

Previous article

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantu PSSI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno