FeatureNews

Pertama Kali 753 Lulusan UT Yogyakarta Ikuti Upacara Penyerahan Ijazah Daring

0
Upacara Penyerahan Ijazah UT
Upacara Penyerahan Ijazah UT (bayu)

STARJOGJA.COM, Info – Kampus yang terkenal dengan proses pembelajaran jarak jauh menggelar Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) secara daring atau online. Direktur Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Yogyakarta Anto Hidayat mengatakan UT Yogyakarta baru kali pertama menggelar Upacara Penyerahan Ijazah.

“Hari ini kita melakukan wisuda atau UPI tahun 2020, diikuti 753 lulusan tersebar di 4 Fakultas didominasi Fakultas keguruan dan pendidikan 683 lulusan. Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial Ilmu Politik dan Fakultas sains teknologi 115 lulusan,” katanya di Hotel Melia Purosani Selasa (27/10/2020).

Anto mengatakan Upacara Penyerahan Ijazah kali ini tidak seperti biasanyakarena tidak tatap muka langsung. Hal ini demi mengikuti kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19 sehingga dilakukan secara daring.

Baca juga : UT Pionir Pembelajaran Jarak Jauh

“Kita ada undangan tapi terbatas, tema wisuda, UT berupaya berinovasi dan terdepan dalam inovasi kedepan pendidikan jarak jauh. Pandemi membawa energi bagaimana UT mengedapankan teknologi pembelajaran jarak jauh tidak hanya UT sekarang tapi universitas swasta maupun negeri juga menerapkan itu,” katanya.

Anto menjelaskan UT Yogyakarta telah lama menggelar program pembelajaran jarak jauh. Namun saat masa pandemi Covid-19 ini nantinya juga sistem luring namun tetap menggunakan media.

“Ini dalam kesiapan rancangan karena pandemi Covid-19 disiapkan sebaik baiknya,” katanya.

Anto mengatakan Covid-19 telah memutar balikkan kehidupan mulai dari politik, ekonomi, sosial, budaya termasuk pendidikan yang biasanya dilakukan secara tatap muka dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Maka pihaknya telah mmepersiapkan diri jauh hari dibandingkan kampus lainnya.

“Ini ada hikmah pembelajaran, kedepan dengan pemanfaatan teknologi pembelajaran jarak jauh, jadi UT tidak sendirian. Memang UT tidak hanya daring tapi juga luring sesuai dengan karakter mahasiswa jadi kita menyiapkan sedemkian rupa,” katanya.

Anto mengaku memang berbeda ketika wisuda secara langsung tatap muka dan virtual seperti dilakukannya saat ini. Ia berharap kondisi dapat normal kembali sehingga kegiatan belajar dapat berjalan seperti saat normal.

“Situasi pandemi saat ini tidak bisa mengundang lulusan, kita hanya mengundang sebagian kecil jadi suasana hikmat itu tidak bisa didapat,” katanya.

Anto menambahkan dalam Upacara Penyerahan Ijazah UT Yogyakarta ini juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi. Pemebrian beasiswa ini bekerja sama dengan ikatan alumni keluarga UT.

“Mahasiswa memiliki prestasi dengan indeks yang baik maka nanti bisa ditambah, saat ini baru lima nanti bisa 10. Ini untuk memotivasi belajar agar bisa prestasi lebih baik sehingga lulus tepat waktu,” katanya.

Bayu

Hyundai Pamerkan Mobil Listrik Terkecil

Previous article

Dokter Penyakit Infeksi di Prancis Ingatkan Soal Kehilangan Kendali

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature