Kota JogjaNews

Sugeng Tindak Ki Seno Nugroho !

0
Ki Seno Nugroho Meninggal
FOTO : Youtube Dhalang Seno

STARJOGJA.COM, JOGJA– Dalang wayang kulit asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho, meninggal dunia, Selasa (3/11/2020) malam.Ia meninggal dalam usia 48 tahun.

Ki Seno Nugroho meninggal pada Selasa Jam 22.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Ia akan dimakamkan di Makam Semaki Gede pada Rabu Siang (04/11).Seni meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak.

” Selasa Sore Beliau masih olahraga bersepeda. Kemudian ia minta dijemput dengan mobil. Jam 19 Ki Seno merasa tidak enak badan dan meminta dibawa ke RS,” jelas Gatot Jatayu,Seorang Crew ki Dalang Seno dalam vlognya.

Sosok Ki Seno Nugroho sejak umur 10 tahun sudah mulai terjun ke dunia pedalangan. Menginjak usia 15 tahun, Ia mengawali karir sebagai seorang dalang.

Pria kelahiran Jogja, 23 Agustus 1972 itu terjung ke dunia pewayangan saat masih duduk di Sekolah Menengah Kesenian Yogyakarta. Awal mula terjun ke dunia tersebut pun lantaran kekagumannya terhadap sosok Ki Manteb Soedharsono yang membuat dia tertarik pada pedalangan dan terus menggelutinya.

Hingga sekarang ini, Seno belum mempunyai sanggar pedalangan sendiri, tetapi sesekali beberapa orang dari mancanegara belajar mendalang padanya. Dia juga mempunyai kelompok karawitan sendiri yang diberi nama Wargo Laras dengan jumlah anggotanya kurang lebih 50 orang.

Sebagai seorang profesional, dia dikenal secara luas sebagai dalang melalui pergelaran wayang kulit yang memadukan antara gagrak Surakarta dan gagrak Jogja. Kekhasan lainnya yang membuat terkenal adalah saat menampilkan panakawan Semar, Garèng, Pétruk, Bagong dengan guyonan yang spontan, kontekstual, aktual, dan lucu.

” Karakter Bagong punya Ki Seno itu khas . Ia berani dan ceplas-ceplos menyuarakan apa yang jadi kegelisahannya,” tutur Dewi, salah seorang penggemar Ki Seno Nugroho.

Selama masa pandemi ini, Ki Seno Nugroho menggelar wayang climen alias wayang pendek yang bisa disimak lewat youtube miliknya. Wayang Climen ini banyak diminati masyarakat yang ingin nanggap wayang untuk aneka hajatannya.

Selain mendalang di Indonesia, Seno Nugroho juga pernah diundang tampil di negara Belanda dan Belgia. Kini, Dalang kondang itu telah pergi selamanya. Namun karya dan ilmu Ki Seno akan selalu dikenang selamanya.

Sugeng Tindak Ki Seno Nugroho.

Hawai Menjadi Negara dengan Penduduk Bahagia saat Covid-19

Previous article

Tidak Ada Tilang di Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja