Kota JogjaNews

PPKM Berlaku, Warga Boleh Tutup Jalan Kampung

0
jalan kampung

STARJOGJA.COM. JOGJA – PPKM Berlaku, Pemda DIY Persilakan Warga Tutup Jalan Kampung. Pemda DIY menekankan kearifan lokal masyarakat DIY dalam mencegah penularan Covid-19 seperti pada masa awal pandemi, yakni dengan memantau pendatang dan memastikan protokol kesehatan diterapkan di tingkat terkecil, seperti RT dan RW.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mempersilakan masyarakat membatasi pergerakan di tingkat kampung dengan menggunakan portal, asal tidak menutup satu wilayah.

“Warga Boleh Tutup Jalan Kampung.  Kami persilakan saja [menggunakan portal] namun tetap itu sebagai pembatasan, tidak boleh tutup satu wilayah secara penuh. Misal pintu masuk kampung ada tiga, yang dibuka satu untuk mengawasi pendatang, silakan,” katanya, Kamis (7/1/2021).

Pemda DIY menerbitkan Instruksi Gubernur No.1/INSTR/2021 tentang Kebijakan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat di DIY untuk menindaklanjuti pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali pada 11-25 Januari. PPKM adalah kebijakan Pemerintah Pusat pengganti pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengendalikan Covid-19.

Baskara Aji mengatakan  Pemda DIY tidak menjaga perbatasan wilayah baik di setiap kabupaten-kota maupun perbatasan provinsi. Menurutnya, dengan berbagai pembatasan kapasitas dan jam operasional di setiap tempat usaha, pusat perbelanjaan dan destinasi wisata, dengan sendirinya juga akan mengurangi pergerakan manusia.

“Dengan pemberlakuan ini tentu otomastis pembatasan berlaku di seluruh Jawa dan Bali. [Masyarakat] tidak perlu dicegat karena mereka tidak punya tujuan. Pencegatan tetap di hotel dan destinasi. [syarat] antigen dan PCR tetap berlaku,” ujarnya.

SUMBER : HARIAN JOGJA

Luncuran Awan Panas Tidak Ganggu Aktifitas Warga

Previous article

Ini Poin Pokok PPKM di DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja